DPR Sahkan Pemekaran 7 Kabupaten Baru

Fiddy Anggriawan , Okezone · Sabtu 15 Desember 2012 04:42 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 15 339 732541 PmrNogjbsz.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA- DPR RI akhirnya menyetujui penetapan tujuh Daerah Otonom Baru (DOB) di Indonesia. Ketujuh DOB baru yang ditetapkan DPR, yakni Kabupaten Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Malaka di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Mamuju Tengah di Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Penukal Abab Pematang Ilir di Sumatera Selatan, dan Kabupaten Kolaka Timur di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Pemerintah dan DPR RI sepakat untuk melakukan pengambilan keputusan dengan tiga buah catatan, yakni persoalaan pendanaan pembentukan DOB bukan dimaksudkan untuk membebani keuangan Negara, kemudian proses pembentukan dilakukan secara bertahap dan terakhir tujuan pemekaran bukan didasari kepentingan elit politik untuk memperoleh jabatan baru," ungkap Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar, dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Agun menambahkan, terbentuknya DOB tersebut, secara tidak langsung akan meningkatkan dana transfer ke daerah. Peningkatan tersebut, diharapkan dapat digunakan untuk persoalan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. "Dana tranfer digunakan untuk peningkatan kesejahteraan bukan untuk membangun gedung dan membeli mobil dinas," katanya.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakanpemekaran yang dilakukan harus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang selama ini dinilai sangat lamban dan kurang maksimal. "Pemekaran itu sarana untuk meningkatkan kesejateraan, meningkatkan pelayanan masyarakat. Jangan jadikan pemekaran itu untuk memperebutkan posisi politik dan anggarannya jangan banyak digunakan untuk membuat kantor, membeli mobil bagus," kata Gamawan.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini