nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berseteru, Jimly & Mahfud Guru Besar yang Jadi Kecil

Tegar Arief Fadly, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2013 12:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 10 10 339 879595 mWnB32kw2E.jpg Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Perseteruan antara dua mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), kembali memanas setelah Jimly Asshiddiqie mengaku memiliki data-data perihal dugaan korupsi yang dilakukaan oleh Mahfud MD.

Perselisihan dua orang ahli hukum itu mendapat kritikan dari banyak pihak. Mereka dianggap memanfaatkan kasus suap di MK sebagai panggung politik untuk kepentingan pribadi.

"Dua guru besar yang akhirnya kelihatan kecil karena tidak tampil dengan jiwa intelektual dan kenegarawanan dalam menjawab masalah kebangsaan," kata Anggota Komisi III, Gede Pasek Suardika saat dihubungi di Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Politikus Partai Demokrat itu menyarankan dua tokoh itu mengurangi perang opini dan konflik secara pribadi. Sebab jika perseteruan itu terus berlanjut, dikhawatirkan akan mengganggu proses hukum yang tengah berjalan.

"Beliau berdua kan dikenal sebagai tokoh hukum berintegritas, sehingga kalau saling menjatuhkan begini terlihat memalukan," sindir Pasek.

Sebelumnya, Jimly menyatakan bahwa dirinya memiliki data tentang beberapa kasus yang diduga terkait dengan Mahfud MD, termasuk soal adik Mahfud yang diduga menerima sejumlah uang. Namun Jimly tak mengungkap kasus apa saja yang dia maksud.

Pernyataan Jimly itu ditertawakan oleh Mahfud. Bahkan Mahfud menantang seniornya itu melapor ke KPK dan membongkar data tersebut, ketimbang bercuap-cuap di media.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini