Share

Komisi I DPR "Pelesir" ke China, Belanda, & Korsel

Tegar Arief Fadly, Okezone · Senin 28 Oktober 2013 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 28 339 887954 lPq6kftejn.jpg Mahfudz Siddiq (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi I DPR melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara pada masa reses kali ini. Negara yang menjadi tujuan adalah China, Belannda, serta Korea Selatan. Untuk kunjungan ke China, rombongan yang berjumlah 10 orang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq.

"Kunker ke Belanda kita ingin evalusi mengenai isu Papua. Terakhir freedom Papua, separatis Papua Merdeka membuat dan membuka kantor cabang lagi di Belanda. Kita ingin meminta informasi langsung dari Dubes RI di Belanda," kata Mahfud saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (28/10/2013).

Selain itu, kata Mahfud, kunjungan ke Belanda juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan Kerja sama kedua negara terutama di bidang pertahannan. Pasalnya Belanda dikenal memiliki keunggulan dalam sistem pertahanan.

"Karena kan masih berpandangan alutsista matra laut, Belanda termasuk yang memiliki kapasitas bagus dalam kapal perangnya," sambungnya.

Rombongan ke Belanda dipimpin oleh Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat, Yahya Sacawirya, serta rombongan ke Korea Selatan dipimpin oleh Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar, Tantowi Yahya.

"Kunker ke Korsel itu dilakukan berkaitan pembahasan RUU LTVRI dan RUU penyiarana. Untuk penguatan LPP RRI dan TVRI dan proses digitalisasi. Dimana Korsel sebagai negara yang sukses menjalankan siaran digitalisasi, mereka sukses beralih dari analog ke digital," paparnya.

Sedangkan kunjungan ke China bertujuan untuk melakukan study banding terkait pembahasan RUU tentang hukum disiplin militer. Selama delegasi Komisi I kunjungan kerja ke China dengan dibantu pihak KBRI disana, telah dijadwalkan untuk bertemu dan berdiskusi dengan pakar dan ahli di China.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini