nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

USBI Bakal Punya Fakultas Ilmu Pendidikan

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Kamis 21 November 2013 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 11 21 373 900528 RypnT9tCxi.jpg Kampus USBI. (Foto: dokumentasi wikimedia)

JAKARTA - Data UNESCO 2011, Indonesia memiliki lebih dari 3,4 juta orang guru. Namun, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), hanya 16,9 persen atau 575 ribu orang guru di Indonesia yang merupakan guru profesional atau telah memiliki sertifikasi.

Guna menjawab tantangan pendidikan yang sedang dihadapi Indonesia, Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) yang merupakan universitas berstandar internasional di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation (PSF) pun mendirikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Tujuannya, diharapkan mampu menciptakan pendidik generasi baru yang memiliki kompetensi mendidik dengan standar internasional dan kemampuan memimpin untuk mengembangkan generasi muda masa kini dan menjadi teladan bagi siswa-siswanya.

Demikian disampaikan Rektor USBI Prof. Dr. M. Aman Wirakartakusumah, dalam Bincang-Bincang Menjelang Hari Guru Nasional 2013 dengan tema "Mempersiapkan Guru Indonesia untuk Meningkatkan Pendidikan dan Membangun Karakter Bangsa", di The Financial Club, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

"FIP USBI tidak hanya mendidik dengan mata pelajaran terkait, namun juga menerapkan muatan kepemimpinan, kewirausahaan, serta tanggung jawab sosial untuk menghasilkan tenaga pendidik yang mampu memiliki pola pikir kreatif, inovatif, dan bertindak secara relevan dengan ekosistem di sekitarnya," kata dia.

Nantinya, para mahasiswa FIP USBI dipersiapkan untuk menjadi generasi baru pendidik Indonesia dengan tingkah laku, keahlian dan pengetahuan yang dapat menghadapi tantangan dan peluang dunia pendidikan di Indonesia melalui metode yang inovatif dan kreatif.

FIP USBI memiliki visi untuk mencetak guru dan tenaga pendidik yang berkomitmen terhadap pendidikan guna memenuhi kebutuhan tenaga pendidik profesional.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini