Share

Jelang Pemilu, Bendera GAM Berkibar di Aceh Tenggara

Ismail Marzuki, Sindo TV · Selasa 18 Maret 2014 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 18 340 957136 tLcdbSPd0e.jpg Bendera GAM terpasang di tiang listrik di Aceh Tenggara (Ismail Marzuki/Sindo TV)

ACEH TENGGARA - Tiga pekan menjelang Pemilu Legislatif (Peleg) pada 9 April 2014, warga dihebohkan dengan berkibarnya dua bendara bulan sabit bintang, yang merupakan mantan bendera Geraka Aceh Merdeka (GAM) di Desa Kelapa Gading, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Sempat terjadi kericuhan, saat seorang kader Partai Aceh mencoba membawa salah satu bendera tersebut.

Keberadaan bendera tersebut pertama kali diketahui oleh warga yang berada di warung kopi pada sore tadi. Dua bendera tersebut dipasang masing-masing di tiang listrik dan pohon pinang, yang jarak antara keduanya tidak berjauhan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Semula, warga mengira dua bendera yang berkibar tersebut milik partai lokal. Namun setelah diperhatikan, ternyata ada lambang bulan sabit dan bintang di tengah bendera. Masyarakat setempat pun langsung melaporkan keberadaan bendera tersebut ke pihak kepolisian setempat.

Personel polisi dan TNI yang datang ke lokasi langsung menurunkan bendera bulan bintang yang terpasang di tiang listrik. Di saat bersamaan, seorang kader Partai Aceh ikut menurunkan kemudian membawa kabur bendera yang terpasang di pohon pinang. Petugas dengan sigap merampas bendera tersebut dari kader Partai Aceh itu, hingga memunculkan kegaduhan.

 

Polisi kemudian membawa ke dua bendera bulan sabit itu. Hingga saat ini, belum diketahui pelaku pengibaran bendera dan kasusnya masih dalam penyedilikan Polres Aceh Tenggara.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini