Share

Dari Sidoarjo, Neni Merengkuh Prestasi di Yogya

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 04 April 2014 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 04 373 965337 CVaPxArDpx.jpg Rohmatus Naini (Foto: dok. UNY)

JAKARTA - Orang bilang, buku adalah jendela dunia. Peribahasa ini melekat erat di benak Rohmatus Naini. Mahasiswa penerima Bidikmisi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut mencatatkan berbagai prestasi karena kesukaannya membaca.

Neni, demikian dia biasa disapa, mengambil program studi bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Membaca dan rajin bertanya kepada kakak tingkat atau dosen menjadi kuncinya memahami materi perkuliahan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Jika di kelas, saya fokus pada dosen yang mengajar," kata Neni, seperti disitat dari laman UNY, Jumat (4/4/2014).

Selain buku, Neni juga kerap mengulang materi perkuliahan dari print out makalah maupun presentasi yang disajikan dosen di kelas. Bahkan, koleksi buku dan makalah milik Neni kerap menjadi rujukan teman-teman sekelasnya.

"Karena tidak punya laptop, makanya saya menyimpan print out makalah tersebut. Kalau butuh komputer, saya ke Limuny (Layanan Internet Mahasiswa UNY)," imbuhnya. 

Perjalanan warga Desa Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo ini meraih segudang prestasi di UNY penuh kerikil. Sang ayah, Mulyono, hanya seorang buruh lepas. Sementara sang ibu, Khusnul Mazidah, bekerja sebagai buruh pabrik rokok. Tekad kuat untuk menempuh studi di UNY meringankan langkah Neni dalam mencari informasi beasiswa. 

Nilai rapor yang baik dan berbagai sertifikat prestasi menjadi tiket Neni diterima di UNY melalui jalur Bidikmisi. Sejak SD hingga SMA, gadis berkerudung itu memang selalu meraih rangking pertama.

"Ketika sekolah, orangtua saya selalu menyuruh untuk fokus belajar, tidak dibebani dengan yang lain," tuturnya.

Neni mengaku, memilih UNY karena seorang bapak di Sidoarjo menyarankannya untuk berkuliah di Yogyakarta agar dapat berkembang. Menyukai bidang bimbingan dan konseling sejak SMP, Neni pun mantap memilih prodi ini sebagai bidang keahliannya.

"Karena dalam bimbingan dan konseling ada ilmu psikologi yang menarik dipelajari," imbuh gadis kelahiran Sidoarjo, 31 Januari 1993 itu.

Selama kuliah, Neni tidak hanya mencatatkan prestasi akademis, tetapi juga prestasi non-akademis lainnya. Dia pernah menjadi pemakalah di The International Conference on Educational Research Khon Kaen University of Thailand dan National Education Conference Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, juara IV karya tulis Al Qur’an Nasional, juara III beregu putri kejuaraan catur 2013, juara III lomba esai Qur’ani se-DIY, serta penghargaan prestasi mahasiswa UNY 2013.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini