Share

Bidikmisi Bantu Anak Petani Ini Raih IPK 3,93

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 02 Juli 2014 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 02 373 1006935 OIJUNVBwsQ.jpg Orangtuanya hanya petani. Tetapi dengan Bidikmisi, Rafika mampu meraih nilai IPK 3,93 di Unhas. (Foto: dok. Kemendikbud)

JAKARTA - Orangtuanya hanya petani. Tetapi Rafika memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Pada 2010, lulusan SMAN 1 Bonto, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini, pun berhasil masuk Universitas Hasanuddin, Makassar, melalui jalur Bidikmisi. Ketika itu, guru di sekolahnya memberitahukan informasi tentang Bidikmisi dan membantunya mendapatkan beasiswa tersebut melalui jalur Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Pertimbangan guru sekolah saya mendaftarkan melalui jalur POSK, karena saya memiliki prestasi di bidang kesenian," ujar Rafika, seperti dinukil dari laman Kemendikbud, Rabu (2/7/2014).

Di Unhas, Rafika pun serius menekuni jurusan Sastra Indonesia. Gadis yang bercita-cita menjadi dosen ini berhasil menjadi sarjana dengan nilai IPK 3,93. Bahkan, dia juga pernah mengantongi indeks prestasi sempurna (4,00) pada semester empat.

Rafika mengingatkan, pelajar SMA yang memiliki keterbatasan ekonomi tidak boleh putus harapan untuk meneruskan studi ke perguruan tinggi. Sebab, pemerintah memberikan perhatian penuh kepada anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Untuk sesama penerima Bidikmisi, Rafika berharap mereka dapat memaksimalkan beasiswa yang diterimanya. Mahasiswa Bidikmisi, kata Rafika, harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara yang telah memberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi.

"Saya tidak akan pernah lupa dengan pemerintah dan Unhas yang telah memberikan kesempatan  kepada saya berasal dari keluarga tidak mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi," tutur Rafika, yang berencana melanjutkan studi magister itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini