nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Ya Prom Night di Indonesia?

Koran SINDO, Jurnalis · Minggu 11 Mei 2014 19:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 05 11 560 983434 GJrsFAMQw9.jpg Ajang prom night menjadi salah satu yang paling ditunggu usai ujian sekolah. (Foto: Ilustrasi Foxbussines)

SEJAK dulu, acara perpisahan khusus bagi siswa tingkat akhir, -baik di SMA, SMP, maupun SD- biasanya selalu ada di sekolah-sekolah di Indonesia. Acara tersebut dapat berupa wisuda, syukuran, atau wisata ke luar kota. Kini sekolah-sekolah di Indonesia juga banyak yang mengadakan prom night sebagai ajang perpisahan.

Meskipun enggak serta merta menjiplak perayaan prom di luar negeri, prom di Indonesia enggak kalah unik. Lokasi prom pun beragam, mulai dari aula sekolah sampai di gedung-gedung atau hotel ternama. Banyak juga sekolah yang mengadakan prom di luar kota sebagai bagian dari acara jalan-jalan perpisahan. Pesta dansa yang menjadi agenda wajib buat prom night di sekolah-sekolah luar negeri, ternyata enggak selalu ada di Indonesia.

"Kalau di sekolah gue, rangkaian acara prom night waktu itu ialah pembagian penghargaan untuk murid berprestasi dari tiap kelas dan jurusan, nonton video angkatan, dan penampilan menyanyi dari teman-teman sekolah," kata Azuwit Tri Yanti Gani, 21, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta.

"Pesta dansa tidak diadakan karena menang tidak diperbolehkan sekolah," tambah Wiwit, panggilan akrabnya.

Akan tetapi, absennya pesta dansa bukan berarti bikin prom night jadi boring loh. Justru, kita bisa cari alternatif kegiatan untuk mengisi prom, seperti pentas menyanyi atau menari tarian tradisional yang dibawakan oleh siswa. "Prom sekolahku sudah cukup seru tanpa pesta dansa," komentar Cantika Augalegita, 17, siswi SMA Bina Mulia Pontianak.

Nah, oke kan menjadikan prom sebagai sarana unjuk kebolehan dan asah kreativitas? Lagi pula, esensi prom night sendiri sebenarnya adalah kekompakan dengan teman-teman dan guru agar masa-masa terakhir di sekolah menjadi lebih berkesan.

"Prom kan hanya pesta perpisahan aja. Gue rasa, yang penting itu kebersamaan dan waktu yang dilewatkan bersama teman-teman seangkatan," komentar Wiwit.

Yup, enggak ada prom bukan berarti momen terakhir di sekolah jadi enggak seru. Setelah itu, kita juga harus mulai ancang-ancang mewujudkan rencana setelah masa sekolah usai. Real world is ahead, be brave and prove your strength! (Adinda Suci Rahayu)

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini