40 Tahanan Palestina Dirawat Akibat Mogok Makan

Fajar Nugraha, Okezone · Kamis 29 Mei 2014 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 29 412 991272 lujHOw7OHJ.jpg Foto: Orange

TEL AVIV - Pihak Penjara Israel mengaku bahwa sekira 40 tahanan asal Palestina dilarikan ke rumah sakit. Mereka dirawat karena menolak untuk makan selama satu bulan.

Aksi mogok makan ini dilakukan oleh para tahanan sebagai protes atas penahanan tanpa persidangan yang mereka alami. Kondisi dari 40 tahanan itu dilaporkan dalam keadaan bahaya.

"Kondisi mereka saat ini bisa 'diatasi'," ujar juru Bicara Penjara Israel Sivan Weizman, seperti dikutip Middle East Online, Kamis (29/5/2014).

Namun pihak medis Palestina menyebut kondisi para tahanan harus ditangani dengan cepat. Tahanan yang melakukan aksi mogok makan itu nyawanya tengah terancam.

Selama hampir lima pekan para tahanan ini menolak untuk makan. Menurut Weizman, para tahanan lain turut serta melakukan mogok makan. Total sudah 240 orang ikut melakukan mogok makan.

Menteri Tahanan Palestina Issa Qaraqe mengatakan, beberapa dari tahanan yang mogok makan ini, kondisi kesehatan mereka dalam keadaan buruk.

"Sebagian besar dari mereka muntah-muntah dan pingsan. Mereka dalam kondisi sakit yang parah," tutur Issa Qaraqe.

Pihak Qaraqe mengkhawatirkan para tahanan ini akan tewas bila Israel tetap melakukan tindakan yang sama. Menurutnya, jelas sekali pihak penjara mencoba untuk mengatasi mogok makan itu dengan berbagai cara, bahkan membiarkan tahanan tewas.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini