Bermain Meriam, Tubuh Bocah 8 Tahun Ini Terbakar

Asep Juharyono, Sindo TV · Jum'at 04 Juli 2014 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 04 527 1008024

TASIKMALAYA - Tubuh seorang bocah di Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar saat sedang bermain lodong (meriam) magnet. Lodong magnet biasa dimainkan anak-anak saat bulan Ramadan.

Korban, Raditia (8), warga Desa Cilimus, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, mengalami luka bakar 50 persen di wajah, badan, kaki, dan tangan. Kini Raditia dirawat di Rumah Sakit Jasa Kartini Kota Tasikmalaya.

Haerudin, ayah korban, Jumat (4/7/2014), menuturkan, saat itu anaknya sedang bermain lodong magnet seorang diri. Ia mengaku tidak mengetahui persis bagaimana kejadiannya. Ia hanya mengetahui anaknya dalam kondisi terbakar saat berteriak.

Bercermin dari kejadian yang menimpa anaknya, Haerudin meminta pemerintah dan Kepolisian merazia lodong magnet dan petasan agar tidak jatuh korban lagi.

Lodong magnet terbuat dari kaleng minuman yang dimodifikasi. Bagian ujungnya diberi magnet bekas korek api gas untuk memicu ledakan. Sebelum diledakkan dan mengeluarkan suara keras, lodong diisi spirtus dengan cara disemprot ke dalam tabung melalui lubang.

Setelah itu lubang ditutup. Kaleng pun dikocok hingga menghasilkan uap. Kemudian magnet ditekan hingga menghasilkan ledakan gas. Ledakan tersebut mengeluarkan suara keras.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini