Share

Lakukan Genosida, Pemimpin Khmer Merah Diadili

Andreas Gerry Tuwo, Okezone · Rabu 30 Juli 2014 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 30 411 1019099 TpZGoX8l4a.jpg Khieu Samphan dam Nuon Chea diadili dengan tuduhan pembantaian (Foto:AFP)

PHONM PHEN - Pengadilan Kamboja melanjutkan peradilan bagi dua orang mantan pemimpin Khemer Merah. Khieu Samphan dam Nuon Chea diadili dengan tuduhan pembantaian.

Peradilan terhadap kedua orang ini sempat mengalami pengunduran. Pengunduran tersebut terkait dengan usia kedua orang tersebut yang telah berumur di atas 80 tahun.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Dilansir dari BBC, Rabu (30/7/2014), Khieu dan Noun diduga terlibat aktif dalam pembantaian ribuan etnis minoritas Kamboja. Etnis yang dibantai saat Khemer Merah berkuasa adalah etnis Vietnam dan etnis Muslim Cham.

Selain tuduhan pembantaian, kedua orang ini didakwa dua tuntutan lain yaitu pemerkosaan serta perkawinan paksa. Khieu dan Noun sendiri merupakan anggota Khemer Merah yang masih hidup saat ini.

Khemer Merah pimpinan Pol Pot memerintah Kamboja pada 1975-1979. Ketika mereka berkuasa tidak hanya pembantaian, berapa macam tindakan yang bertentangan dengan kemanusiaan dilakukan di Kamboja.

Tindakan itu termasuk dengan kelaparan yang menyebabkan 2 juta warga Kamboja mati dan kerja paksa.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini