Share

Apa Sih Pentingnya Aturan Seragam Sekolah Kebaya Encim?

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 07 Agustus 2014 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 07 560 1021252 69Xjs9PMQz.jpg Aturan seragam kebaya encim dan pakaian sadariah dianggap penting untuk melestarikan budaya Betawi. Ilustrasi: pakaian adat Betawi. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Mempelajari sebuah budaya sangat penting, apalagi jika dilakukan sejak di bangku sekolah. Tujuannya, untuk mengapresiasi, mengkonservasi dan memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada penerus bangsa agar tidak dilupakan dan punah.

Hal ini pula yang menjadi latar belakang lahirnya kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta tentang kewajiban pelajar Ibu Kota mengenakan pakaian adat Betawi sebagai seragam. Bagi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi DKI Jakarta, Lasro Marbun, sangatlah penting menjaga dan melestarikan budaya nasional di lingkungan pendidikan. 

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Setiap daerah punya ciri khas. Dan kebijakan pakaian adat Betawi ini merupakan dedikasi untuk menekankan ikon setiap daerah masing-masing," ujar Lasro saat dihubungi Okezone, Kamis (7/8/2014).

Baca: Kenapa Siswa Wajib Berseragam Kebaya Encim?

Kebijakan kebaya encim dan pakaian sadariah untuk pelajar DKI Jakarta ini sama dengan aturan seragam kerja PNS di Ibu Kota. Namun, kebijakan untuk siswa menuai kontroversi.

Lasro menyampaikan, dia mendapat protes dan masukan dari masyarakat terkait aturan tersebut. Selain keberatan dari aspek biaya, penggunaan kebaya encim juga dinilai tidak praktis, terutama bagi siswi yang harus menggunakan kendaraan umum ke sekolah.

Baca: Heboh Seragam Kebaya Encim, Kadisdik DKI Jakarta Mundur

"Kami akan meninjau ulang aturan ini. Dengan adanya peninjauan ulang, untuk sementara sekolah kembali pada aturan seragam yang lama," imbuhnya.

Baca: Aturan Seragam Adat Betawi Akan Ditinjau Ulang

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini