Blusukan Jadi Salah Satu Kekuatan Jokowi

Kemas Irawan Nurrachman, Okezone · Senin 25 Agustus 2014 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 25 339 1029696 Dwxn32mqq0.jpg Joko Widodo

JAKARTA - Keraguan sebagian pihak akan kemampuan Presiden terpilih Joko Widodo (akrab disapa Jokowi) dalam memimpin negara, sebenarnya sulit menemukan buktinya.

Pasalnya, kekuatan Jokowi terletak pada keberaniannya mengambil keputusan. Pandangan ini disampaikan Analis Politik Fisipol UGM, Arie Sujito, di Jakarta, Senin (25/8/2014).

"Jokowi juga tipe pemimpin yang selalu memastikan bahwa antara policy (kebijakan), rencana dan pelaksanaan harus sejalan. Blusukan itulah cara dia memastikan bahwa apa yang direncanakan benar-benar dilaksanakan di lapangan," kata Arie.

Dari blusukan itu, Jokowi mendengarkan suara rakyat sebagai dasar menetapkan policy dan membuat rencana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga apa yang direncanakan memang betul-betul yang dibutuhkan rakyat.

"Kekuatan Jokowi juga terletak pada bahwa dia punya prinsip. Ini model pemimpin yang sedang dibutuhkan bangsa ini, saat banyak pemimpin yang tidak berani mengambil risiko dan kurang kuat dalam memang prinsip. Kekuatan Jokowi bukan hanya pada diri Jokowi sendiri, tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu," tutur Arie.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini