Revolusi Mental Jadi Prioritas Pemerintahan Baru

Kemas Irawan Nurrachman, Okezone · Rabu 27 Agustus 2014 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 27 339 1030627 XOwhLldfVB.jpg Joko Widodo

JAKARTA - Revolusi Mental diyakini akan menjadi program utama Jokowi-JK dalam mewujudkan mental inovatif dan nasionalisme bagi setiap warga negara.

"Revolusi Mental itu akan mampu melaksanakan Trisakti; yaitu politik yang berdaulat, ekonomi yang mandiri, dan kebudayaan yang berkepribadian," tegas Yudi Latif, Pakar Keagamaan dan Kebudayaan, di Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Di dalam bidang ekonomi, Revolusi Mental akan membangun kesadaran agar Indonesia dapat menghargai ciptaan dan produk dalam negeri. Sebab selama ini, rakyat kerap menganggap produk yang datang dari luar negeri sebagai yang paling baik.

"Ini masalah serius. Kita mestinya lebih percaya terhadap kreativitas dalam negeri," imbuhnya.

Dalam bidang politik, Revolusi Mental akan mendorong Indonesia membangun sistem hukum dan sistem politik yang sesuai dengan konteks sosial dan budaya nasional. Selama ini, rakyat dengan mudah mengadopsi sistem yang datang dari luar sembari mengabaikan khazanah pemikiran yang tumbuh dan berkembang di antara para ilmuan nasional.

"Saatnya, kita menggali sistem hukum dan politik yang sesuai dengan jati diri bangsa," tegas Yudi.

Pengajar di Universitas Paramadina itu melanjutkan, di dalam bidang kebudayaan, Revolusi Mental akan membangun karakter yang akan memperkuat kemanusiaan dan keadaban.

"Kita bisa mengembangkan model Bali yang dapat menarik perhatian wisatawan asing dengan mengetengahkan khazanah kebudayaan. Kita punya banyak khazanah kebudayaan yang dapat membangun kepercayaan diri sebagai sebuah bangsa," jelasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini