Cegah Tertipu, Pilih Fakultas Kedokteran dari Akreditasi

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Selasa 09 September 2014 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 09 373 1036380 OoFzeL7vZx.jpg Cegah Tertipu, Pilih Fakultas Kedokteran dari Akreditasi (Foto: dok. okezone)

JAKARTA - Di Indonesia, banyak Fakultas Kedokteran (FK) tidak memenuhi syarat atau abal-abal. Untuk masyarakat yang akan mendaftar di FK, sebaiknya dilihat dari akreditasinya.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Koesnadi Kardi.

Selain itu, Koesnadi mengatakan, FK UPN Veteran Jakarta tiap tahunnya menerima 160 mahasiswa baru (maba), kalau rasio dosennya 1:10 dengan mahasiswa.

"FK yang tidak memenuhi syarat dari segi kualitas dosennya, yaitu lulusan S-1," ujar Koesnadi, saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Lanjut Koesnadi, dosen FK UPN Veteran Jakarta pun terdiri dari lulusan S-2 dan spesialis, serta peminatnya 1:11.

 

"Fakultas unggulan di UPN Veteran Jakarta adalah FK. FK yang memenuhi syarat terdiri dari bangunan kampusnya, kurikulum pendidikan yang terbarukan, dosennya cukup, ada rumah sakit pendidikan, seperti Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Angkatan Udara, serta laboratorium dan tempat praktikum," bebernya.

Koesnadi menambahkan, FK yang terakreditasi A memang sedikit, seperti misalnya Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"FK UPN Veteran Jakarta baru ada dua profesor dan sudah menghasilkan 600 dokter," ungkapnya. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini