Share

Ari Wibowo, Berganti Kulit Setiap 41 Hari

Andyta Fajarini, Okezone · Kamis 25 September 2014 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 214 1043881

SEORANG bocah laki-laki terlahir dengan kondisi fisik yang sangat langka. Kulit bocah 16 tahun ini seperti ular dan akan berganti setiap 41 hari.

Bocah bernama Ari Wibowo ini memiliki kondisi kulit yang sulit untuk disembuhkan disebut Eritroderma.

Eritroderma adalah adalah suatu kondisi kulit yang memerah disekujur tubuh. Penyakit ini juga bisa disebut peradangan kulit.

Bocah yang tinggal di sebuah desa di Indonesia bersama kakek-neneknya itu telah mengalami kondisi fisik seperti itu sejak lahir. Keluarganya diminta untuk membawanya pergi usai melahirkan karena pihak rumah sakit tidak bisa mengatasi kondisi tersebut.

Ari harus merendamkan tubuhnya di air dan memakai pelembab kulit setiap beberapa jam agar tetap hidup.

Seorang fotografer, Nurcholis Anhari Lubis, telah mendokumentasikan kondisi Ari sebagai bagian dari proyek esai dan menggambarkan kondisi kulit bocah malang itu 'bersisik seperti ular akan berganti kulit. Nurcholis telah menghabiskan empat hari tinggal bersama dengan Ari dan keluarganya.

"Saya benar-benar sedih karena dia tidak dilahirkan secara normal dan memiliki kulit bersisik di sekujur tubuhnya, seperti kulit yang habis dibakar dari telapak kakinya sampai ke kepalanya,” kata Nurcholis. Demikian dikutip dari Daily Mail, Kamis (25/9/2014).

“Jika anak itu tidak melembabkan atau merendam kulitnya dalam air, tubuhnya akan mengerut dan mengeras seperti patung dan dia tidak akan bisa bergerak,” jelas Nurcholis.

Saat tidur di malam hari, Ari harus bangun setiap jam untuk mengobati dirinya sendiri atau kakek-neneknya yang membantunya.

Ari saat ini sedang belajar di sekolah khusus karena dia tidak secara resmi terdaftar di setiap lembaga pendidikan di Indonesia.

"Tidak ada sekolah bersedia menerima dia karena mereka takut kondisi kulitnya akan menular kepada guru dan siswa lainnya,” ungkap Nurcholis.

"Ketika saya mendekati Ari untuk pemotretan, ia tampak sangat pemalu, tapi setelah banyak bicara dia mau berbagi cerita,” tambahnya.

Sampai saat ini rumor yang berkembang di lingkungan rumah Ari adalah ibunya pernah menyiksa kadal saat sedang hamil dan mitos itu yang menyebabkan bocah malang itu memiliki kulit seperti sisik.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini