Share

Ahok Ancam Tolak Usulan Cawagub dari PDIP & Gerindra

Angkasa Yudhistira, Okezone · Selasa 30 September 2014 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 500 1046485 6iNaz31N4c.jpg Ahok Ancam Tak Teken Usulan Cawagub dari PDIP & Gerindra

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengancam tidak akan menandatangani usulan nama-nama calon wakil gubernur yang diajukan oleh PDI Perjuangan dan Partai Gerindra ketika dirinya resmi menjadi Gubernur menggantikan Joko Widodo, apabila cawagub yang diajukan tidak sesuai dengan kemauannya.

"Paling enggak mau tandatangan. Kan usul ke DPRD mesti saya dulu. Partai usulin nama itu ke saya, saya usulin ke DPRD. Ya enggak usah usulin, diamin saja. Boleh dong. Kan enggak ada aturan melarang," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Atas tindakan yang akan diambilnya itu, mantan bupati Belitung Timur ini bahkan tidak khawatir apabila DPRD DKI bakal memberikan mosi tidak percaya kepada Ahok apabila tidak memilih cawagub yang telah diusulkan.

"UU MD3 saja boleh dirubah setelah tahu siapa kalah menang. Ya kan, Undang-Undang Pilkada juga boleh diubah," kata Ahok.

Seperti diketahui, sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang pemerintah daerah, kepala daerah yang terpilih menjadi presiden bakal digantikan oleh wakilnya.

Diperkuat dengan Peraturan pemerintah (PP) nomor 6 tahun 2005 yang beberapa kali diperbaharui menyatakan bahwa calon wakil kepala daerah diajukan partai pada gubernur sebelum diserahkan pada DPRD.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini