nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasnul Suhaimin (XL Axiata)

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 05 Desember 2014 14:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 05 17 1075101 hasnul-suhaimin-xl-axiata-5JAtTEIaaW.jpg Presiden Direktur/CEO PT XL Axiata Hasnul Suhamin (foto: Okezone)

DUNIA telekomunikasi di Indonesia saat ini tengah menunjukkan taringnya. Hal tersebut terlihat dari banjirnya layanan operator seluler di Indonesia.

PT XL Axiata Tbk atau lebih dikenal XL Axiata, merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler yang memiliki banyak pelanggan. Suksesnya XL Axiata dalam penyedia layanan seluler di Indonesia, tidak terlepas dari peran Presiden Direktur/Chief Executive Officer (CEO), Hasnul Suhaimi.

Dengan berbekal pengalamannya di bidang telekomunikasi, ia memiliki komitmen untuk memimpin XL menuju visinya menjadi penyedia jasa teknologi informasi dan komunikasi, baik bagi pelanggan individu maupun kalangan bisnis.

Sebelum menjadi CEO XL Axiata, ia mengawali karirnya di PT Indosat sebagai staf perencanaan. Saat bekerja disana, Hasnul mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke program Magister Bisnis Administrasi (MBA) di Universitas Hawai, Manoa, Amerika Serikat pada 1992.

Meskipun marketing dan bisnis merupakan bidang baru bagi Hasnul, namun tuntutan dinamika industri membuatnya mau tidak mau harus mendarat di arena non-teknis tersebut. Terbukti, pasca mengeyam pendidikan Magisternya, karirnya semakin meroket. Jabatan puncak lainnya pernah diraih, yaitu menjadi Direktur Utama PT. Indosat pada 2005 sampai 2006.

Pada September 2006, Hasul resmi menjadi CEO PT. XL Axiata Tbk. Selama perjalanannya menjadi CEO PT. XL Axiata Tbk, ia telah membuat transformasi dengan mengembangkan strategi baru untuk memperkuat jaringan XL, pemasaran dan konsolidasi internal perusahaan. Strategi inilah yang menghasilkan layanan bertarif rendah sehingga meningkatkan pangsa pasar, pendapatan dan marjin keuntungan perusahaan.

Sebelum berkecimpung di dunia telekomunikasi, Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan elektro ini, pernah bekerja menjadi teknisi di Schlumberger tahun 1981 hingga 1982, sebelum dia memutuskan untuk pindah ke PT. Indosat pada 1983.

Setelah tidak lagi bekerja, Hasnul pernah berucap kepada Okezone beberapa waktu lalu bahwa dirinya akan kembali ke kampus sebagai pengajar di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Karena itu memang cita-citanya sejak dahulu.

PROFIL

Nama Lengkap : Hasnul Suhaimi

Tempat, Tanggal Lahir: Bukit Tinggi, 23 April 1957

Nama Blog : http://www.hasnulsuhaimi.com

Agama: Islam

PRESTASI

Penghargaan sebagai CEO idaman versi Majalah Warta Ekonomi tahun 2009.

PENDIDIKAN

Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan elektro

Universitas Hawai

KARIR

Schlumberger tahun 1981-1982

PT. Indosat tahun 1983-2006

CEO PT. XL Axiata Tbk 2006 hingga saat ini

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini