Share

Alexander Rusli (Indosat)

Dini Listiyani, Okezone · Jum'at 05 Desember 2014 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 05 17 1075147 alexander-rusli-indosat-ymRNZZk6qx.jpg CEO Operator Indosat Alexander Rusli (foto: Pribadi)

MUNCULNYA berbagai operator seluler di Tanah Air membuat jagad telekomunikasi semakin ramai. Bermunculan merek-merek operator seluler baru, tidak membuat salah satu pemain lama gentar. Indosat, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Ooredo, merupakan salah satu merek yang sudah memiliki kekuatan di Indonesia.

Alexander Rusli, salah satu orang yang berperan penting mempertahankan eksistensi Indosat hingga saat ini. Seorang professional dan ahli teknologi telekomunikasi Indonesia ini dipercaya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Indosat sejak 2012.

Pria yang akrab disapa Alex ini telah malang melintang di dunia bisnis Indonesia. Ia mengawali karirnya di PT Northstar. Sebelum menjadi CEO Indosat, Alex pernah menjadi komisaris independen di anak usaha Qatar Telcom yang saat ini berubah nama menjadi Ooredo.

Sepak terjang Alex di dunia bisnis Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Ia juga pernah dipercaya sebagai anggota Komite Remunerasi dan Komite Audit, serta menempati posisi Komisaris di PT Tugu Pratama Indonesia dan Managing Director Northstar Pacific, Private Equity Fund yang berfokus pada kesempatan investasi di Indonesia.

Pria yang pernah dipercaya menjadi penasihat di Kominfo sejak 2001, juga pernah menjabat sebagai komisaris independen di Krakatau Steel dan menjadi staf ahli di Kementerian BUMN. Pria yang pernah menjadi staf pengajar di Swiss German University dan Universitas Indonesia ini, mengawasi langsung 500 anak perusahaan dari 140 BUMN.

Anak pertama dari tiga bersaudara yang gemar memasak ini telah menyelesaikan gelar PhD di University of Technology, Australia.

PROFIL

Nama Lengkap: Alexander Rusli

Jabatan : CEO PT. Indosat Tbk

Kewarganegaraan: Indonesia

PENDIDIKAN

University of Technology, Australia.

KARIR

Dosen Universitas Indonesia 1997-2007

Dosen Swiss German University, Jakarta 2004-2005

Kementerian Komunikasi dan Informasi Telekomunikasi (KEMINFO) 2001-2007

BUMN 2007-2011

PT Northstar Pacific Capital pada 2007

PT Krakatau Steel 2007-2011

Komisaris Independen Indosat 2010

Chief Executive Officer (CEO) 2012

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini