Sofyan Basir

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Rabu 24 Desember 2014 12:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 12 24 17 1083331 sofyan-basir-VQVOlZblO6.jpg Sofyan Basir. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sofyan Basir resmi ditunjuk sebagai direktur utama PLN berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Selasa 23 Desember 2014. Sebelumnya, dia merupakan direktur utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Pria kelahiran Bogor, 2 Mei 1958, ini merupakan salah satu mantan pemimpin perbankan yang berhasil membawa BRI, yang dulu kerap diidentikkan dengan bank pasar dan desa, menjadi bank pelat merah yang berhasil melangkah menjadi bank modern dan siap bersaing dengan bank umum lain.

Pada 17 Mei 2005, ia terpilih menjadi direktur utama BRI, serta kembali terpilih untuk periode jabatan kedua pada 20 Mei 2010. Sebelum bergabung dengan BRI, Sofyan pernah menjabat sebagai direktur utama PT Bank Bukopin (Tbk). Adapun di sana, Sofyan menduduki beberapa jabatan manajerial. Di Bank Bukopin, ia termasuk direktur komersial, group head line of business, dan pemimpin cabang di beberapa kota besar Indonesia pada 1985. Karier perbankan Sofyan dimulai pada 1981 di Bank Duta.

Keberhasilan mengelola BRI hingga menjadi besar tidak lantas membuat Sofyan lupa daratan. Menurutnya, bank beraset Rp303,84 triliun pada kuartal I-2010 itu dinilai sudah bagus di mata masyarakat.

Keberhasilan BRI mengalami perkembangan secara signifikan dari waktu ke waktu, diakuinya, untuk mencoba tidak hanya kuat di desa tapi juga di perkotaan. Dahulu BRI hanya dikenal fokus di microfinance, tetapi sekarang mesti memperluas jangkauan karena segmen desa sudah “diserang” bank lain.

Namun, Sofyan yang berzodiak Taurus ini dikenal sebagai sosok yang sederhana.Terlihat dari gaya berpakaian yang kerap mengenakan baju batik, jas, atau kemeja plus dasi yang bergaya konservatif serta menyesuaikannya dengan pertemuan yang akan dikunjungi. Ia juga diketahui tetap mempertahankan telefon seluler favorit dari semaraknya perkembangan teknologi.

Pendidikan:

- Diploma dari STAK Trisakti, Jakarta (1980)

- Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta (2010)

- Doktor Kehormatan dari Universitas Trisakti, Jakarta (2012)

Pendidikan Nonformal:

Mengikuti berbagai pendidikan serta pelatihan di bidang perbankan, baik di dalam maupun luar negeri, di antaranya Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt); Eksekutif Manajemen Risiko;

- ABN Amro (Denpasar); Islamic Finance Forum (Swiss);

- Seminar Business Continuity Planning, Ernst and Young; SESPIBANK (Jakarta);

- Strategy Development Session, IBM; serta Structuring Loans and Short Term, The Institute Banking and Finance.

Berita Sofyan Basir

Foto Sofyan Basir

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini