nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Hillary Clinton, Calon Presiden AS

Jihad Dwidyasa , Jurnalis · Senin 13 April 2015 10:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 13 18 1133097 profil-hillary-clinton-calon-presiden-as-lRkAeFiGSn.jpg Hillary Clinton (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Hillary Diane Rodham Clinton merupakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) ke-67 di masa pemerintahan Presiden Barack Obama. Sebelum akhirnya posisi Hillary Clinton digantikan John Kerry.

Perempuan yang dilahirkan di Chicago, Illinois, AS, pada 26 Oktober 1947 itu adalah putri dari Hugh Ellsworth Rodham dan Dorothy Emma Howell Rodham. Ayah Hillary Clinton merupakan seorang pebisnis di industri tekstil. Sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Seperti dilansir Al Jazeera, Senin (13/4/2015), Hillary merupakan seorang pelajar yang sangat baik dan aktif di bidang politik sejak usia muda. Pada 1969, Hillary muda lulus dari Wellesley College untuk memperoleh gelar Bachelor of Arts. Ia kemudian melanjutkan studi politiknya ke Sekolah Hukum Yale pada 1973.

Hillary kemudian pindah ke Arkansas dan menikah dengan Bill Clinton pada 1975. Sejak Bill Clinton menjadi Gubernur Arkansas, Hillary, menjadi The First Lady of Arkansas. Kemudian, ia menjadi The First Lady of US setelah Bill Clinton terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) pada 1993.

Setelah Clinton turun jabatan, Hillary memutuskan untuk pindah ke New York dan terpilih menjadi Senator New York pada 2000. Pada masa awal jabatannya sebagai Senator New York, Hillary mendukung pemerintahan George W. Bush. Namun, kemudian ia berbalik menentang pemerintahan Bush yang memprakarsai Perang Irak.

Hillary akhirnya bergabung dengan Partai Demokrat dan ikut serta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden pada 2008. Pada Pemilu Presiden 2008, Hillary kalah dari kompatriotnya di Partai Demokrat, Barack Obama. Obama yang terpilih sebagai Presiden AS pada 2008 melantik Hillary sebagai Menteri Luar Negeri AS untuk Kabinet Presiden Obama.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini