Gunung Karangetang Meletus, Ratusan Warga Sitaro Terpaksa Ngungsi

Randy Wirayudha, Okezone · Jum'at 08 Mei 2015 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 08 340 1146790 gunung-karangetan-meletus-ratusan-warga-sitaro-terpaksa-ngungsi-B0CqcG8JTT.jpg Ilustrasi: Okezone

SIAU TAGULANDANG BIARO – Aktivitas vulkanik Gunung Karangetang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), meningkat dan bahkan sampai terjadi erupsi yang disertai guguran lava pijar, menimbulkan awan panas, dan debu vulkanik.

Akibatnya, 456 warga Sitaro, Sulawesi Utara, terpaksa mengungsi setelah gunung tersebut meletus, sekira pukul 14.00 Wita, lantaran awan panas meluncur ke sisi timur sejauh empat kilometer. Empat rumah warga di Kampung Kora-Kora, Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur, rata dengan tanah.

Jumat, (8/5/2015), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, terjadi satu kali luncuran awan panas mengarah ke selatan dari pusat letusan, atau mengarah ke Kali Kahetang dan Kali Awang. Saat ini lontaran batu pijar dan awan panas masih terjadi.

Humas BNPB, Sutopo, menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sekira 465 pengungsi disebarkan di tiga titik pengungsian dengan tidak membawa harta-benda mereka, lantaran kejadian itu sangat mendadak.

Masyarakat sudah terbiasa dengan letusan Gunung Karangetang namun letusan awan panas kali ini adalah yang terbesar, sampai akhirnya masyarakat Sitaro pilih mengungsi.

Sampai sekarang belum ada kenaikan status gunung terkait erupsi sejak kemarin, Kamis 7 Mei 2015. Status Gunung Karangetang masih siaga di level III.

Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk saat ini menyarankan warga untuk tidak mendekati Gunung Karangetang dalam radius empat kilometer dari bawah.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, sudah memberi pelayanan kebutuhan para pengungsi, sekaligus melakukan pendataan. Saat ini, para pengungsi masih terbilang membutuhkan masker, makanan orang dewasa dan bayi, pakaian, selimut, serta alas tidur yang mendesak.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini