nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

95 Desa di Banten Dilanda Kekeringan

Rasyid Ridho , Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2015 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 31 340 1188466 95-desa-di-banten-dilanda-kekeringan-1x5TZ1lIA7.jpg Ilustrasi Kekeringan (Dok: Shutterstock)

SERANG - Akibat musim kemarau, sejumlah wilayah yang dilanda kekeringan terus bertambah. Saat ini diketahui sebanyak 95 desa dan empat kelurahan yang tersebar di 61 kecamatan di Banten mengalami krisis air atau kekeringan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, kekeringan terbanyak ada di Lebak dan Pandeglang dengan jumlah 20 kecamatan. Disusul Kabupaten Serang sebanyak 10 kecamatan, Kabupaten Tangerang enam kecamatan, Kota Tangerang dua kecamatan.

Sementara Kota Serang, Tangerang Selatan, dan Cilegon masing-masing satu kecamatan. Kepala BPBD Banten, Komari, mengatakan bahwa musim kemarau yang terjadi sejak Mei menyebabkan sebagian wilayah di delapan kabupaten/kota mengalami kekeringan.

"Kondisi ini masih berskala lokal, karena kekeringan yang terjadi belum melebihi separuh luas wilayah di Banten dan masih dapat ditangani pemerintah kabupaten/kota masing-masing," kata Komari, Jumat (31/7/2015).

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diberikan BMKG, musim kemarau akan terus terjadi sampai akhir Oktober dengan puncaknya pada September.

"Walaupun terjadi hujan di beberapa daerah, hanya bersifat spontan. Apalagi, Banten masuk sebagai salah satu wilayah dengan cuaca ekstrem El Nino, kondisi suhu bisa mencapai 35 derajat Celsius,” jelasnya.

Pihaknya memprediksi dalam tiga bulan mendatang akan terjadi penambahan jumlah daerah yang mengalami kekeringan. "Kami sudah lakukan langkah antisipasi dengan mengirim bantuan air bersih," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini