PBB Siap Kibarkan Bendera Palestina

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 30 September 2015 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 30 18 1223457 pbb-siap-kibarkan-bendera-palestina-9JWGK3vxEU.jpg Bendera Palestina siap berkibar di depan kantor pusat PBB (Foto: Reuters)

NEW YORK – Awal bulan ini, Majelis Umum PBB mengajukan usul untuk mengibarkan bendera Palestina dan Vatikan di depan Kantor Pusat PBB. Namun, Israel dan Amerika Serikat beserta enam negara lain menolak usulan tersebut.

“Kebanggaan luar biasa bagi warga Palestina ketika dunia menunjukkan dukungannya bagi momen bersejarah ini,” ujar Presiden Palestina Mahmoud Abbas, seperti dikutip dari BBC, Rabu (30/9/2015).

“Saya yakin ketika hari bendera kami berkibar bersama bendera-bendera negara lain akan menjadi hari yang sangat emosional dan membanggakan,” lanjut pria 80 tahun itu. Abbas juga menegaskan bahwa PBB harus memberi solusi nyata atas konflik Palestina-Israel.

Sebanyak 119 negara mendukung pengibaran bendera Palestina, sedangkan 45 negara menyatakan abstain. Perwakilan Israel untuk PBB menyebut ini adalah tindakan untuk membajak PBB. Israel bersikukuh satu-satunya cara Palestina memperoleh pengakuan resmi dan kedaulatan sebagai negara adalah lewat negosiasi.

Pada 2012, Majelis Umum PBB menaikkan status Palestina menjadi anggota terbatas. Dengan status tersebut, negara yang terletak di tepi Laut Mediterania ini mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan PBB. Setahun sebelumnya mereka gagal bergabung karena kurangnya dukungan dari Dewan Keamanan PBB.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini