nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi di Perlintasan KA, Polisi Tilang Pengendara

Djamhari, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2015 00:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 08 338 1263483 antisipasi-di-perlintasan-ka-polisi-tilang-pengendara-C5EhuWtekr.jpg

BEKASI - Berkaca dari kecelakaan di perlintasan kereta api yang terjadi beberapa hari lalu di Angke, Tambora, Jakarta Barat, membuat Satlantas Polresta Bekasi Kota menggelar razia terhadap para pengendara sepeda motor maupun kendaraan roda empat yang nekat menerobos perlintasan kereta api.

Pantauan di beberapa lokasi, masih banyak pengendara, terutama sepeda motor, yang tak menghiraukan aturan dan sekenanya menerobos pintu perlintasan kereta api.

Terkait operasi tersebut, Kepala Unit Pengaturan Penjagaan dan Pengawalan (Turjawali) Satlantas Polresta Bekasi Kota, AKP Suryono Giri Sentosa mengatakan, tindakan hukum berupa sanksi dan penilangan dikenakan bagi pengendara yang menerobos perlintasan kereta.

"Nyatanya memang masih banyak pengendara. Khususnya, sepeda motor yang nekat menerobos perlintasan ketika palang pintu telah menutup," ujar Suryono, Selasa (08/12/2015).

Tabrakan KRL dengan Metromini, 13 Tewas

Tercatat, kata Suryono, sudah ada 15 pengendara sepeda motor yang ditilang karena menerobos palang pintu kereta api. Kegiatan serupa akan terus diefektifkan demi ketertiban masyarakat dalam berkendara.

Adapun, sanksi pidana bagi penerobos telah diatur dalam Pasal 296 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Pengemudi terancam hukuman kurungan tiga bulan atau denda Rp 750.000. Kita lakukan penindakan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," jelasnya. (day)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini