Anak Dapat Tugas Kaligrafi Syahadat, Orang Tua Protes

Silviana Dharma, Okezone · Minggu 20 Desember 2015 06:28 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 20 18 1271249 anak-dapat-tugas-kaligrafi-syahadat-orang-tua-protes-4NXefD3gB4.jpg SMA di Virginia beri pelatihan kaligrafi Islam, orang tua protes. (Foto: Telegraph)

RICHMOND – Orang tua murid di SMA Riverhead, Virginia, Amerika Serikat (AS) menuntut agar sekolah di daerah Augusta County itu ditutup. Mereka protes lantaran mengetahui, anaknya mendapat tugas menulis kaligrafi Islam yang berisi kalimat syahadat, ‘saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah’.

Awalnya protes ini hanya diajukan oleh beberapa orang tua murid. Namun, tak lama kemudian, puluhan orang tua bergabung dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Para orang tua murid menilai, tugas yang diberikan mengandung indoktrinasi. Sementara pihak sekolah menegaskan bahwa tugas itu sekadar latihan menulis kaligrafi untuk mata pelajaran kesenian.

“Sebelum benar-benar terjadi ancaman serius terhadap murid-murid, kami memutuskan untuk menutup sekolah pada Jumat (18 Desember 2015),” demikian keterangan resmi yang diumumkan pihak sekolah, sebagaimana disitat dari Telegraph, Minggu (20/12/2015).

Pada sebuah forum yang diadakan sekolah selama seminggu, salah satu orang tua mengatakan tugas tersebut ditujukan untuk memromosikan doktrin agama palsu. Lainnya menyerukan agar guru yang memberi tugas kaligrafi itu dipecat.

Pasca-teror Paris dan penembakan San Bernardino, islamophobia semarak terjadi di negara-negara bagian AS. Minggu lalu, seorang akademis di perguruan tinggi di Chicago diprotes hanya karena memakai headscarf yang bertuliskan solidaritas untuk umat Muslim dan mengatakan, Kristen dan Islam menyembah Tuhan yang sama.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini