Nyanyi Allahu Akbar, Pemuda 21 Tahun Ditangkap

Silviana Dharma, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2016 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 07 18 1509066 nyanyi-allahu-akbar-pemuda-21-tahun-ditangkap-uMM8eg30Ta.jpg Ilustrasi. Polisi Wina. (Foto: AFP/Getty)

WINA – Para pejalan kaki di Distrik Favoriten, Wina, Austria dikejutkan dengan terjangan sebuah mobil ke arah trotoar. Mereka semakin paranoid ketika mendengar pengemudinya menaiki trotoar sambil dengan lantang menyerukan ‘Allahu Akbar’.

Polisi Wina dipanggil dan pemuda 21 tahun yang menyupir kendaraan roda empat pabrikan Peugeot itu digiring ke kantor polisi. Dia ditahan atas tuduhan berpotensi melakukan serangan terorisme pada Sabtu 29 September lalu. Tuduhan itu diperkuat dengan ditemukannya sebuah Alquran di bangku mobilnya.

Usut punya usut, penangkapan ini merupakan kesalahpahaman. Setidaknya demikian menurut keterangan dari orangtua tersangka.

“Pemuda 21 tahun itu memang tidak pernah masuk dalam catatan kriminal polisi sebelum ini. Kami juga tidak menemukan kaitan antara tersangka dengan kelompok ekstremis manapun,” terang juru bicara kepolisian setempat, seperti dikutip dari Independent, Jumat (7/10/2016).

Ayah Ibrahim, Mehmet Ali C menjelaskan, putranya hanya sedang mencari parkir. Dia berteriak Allahu Akbar karena mengikuti lagu rap berbahasa Jerman-Turki yang sedang diputar di mobilnya.

“Putra saya bukan teroris dan dia tidak punya niat membunuh siapa pun. Ibrahim meminjam mobil saya untuk membeli piza dari toko langganannya. Dia cuma bermaksud mencari tempat parkir,” terangnya.

Mengenai Alquran yang ditemukan di mobil pemuda tersebut, Mehmet mengakui itu merupakan kitab suci miliknya. Lebih lanjut, dia menginfokan kepada media setempat bahwa putranya hanya seorang pengangguran yang belakangan menderita halusinasi karena mengisap ganja.

Meski begitu, Ibrahim sampai saat ini masih ditahan. Polisi terus menginterogasi Ibrahim sambil menyelidiki latar belakang dan kemungkinan dia tergabung dalam kelompok teroris.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini