Share

Danjen Kopassus Sambut Tim Ekspedisi NKRI di Papua Barat

ant, · Rabu 10 Februari 2016 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 340 1308440 danjen-kopassus-sambut-tim-ekspedisi-nkri-di-papua-barat-Dzratj3TyU.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

PAPUA - Danjen Kopassus Mayjen TNI Herindra berkunjung ke Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, dalam rangka menyambut Tim Ekspedisi NKRI 2016.

Rombongan Danjen Kopassus tiba di Bandara Rendari Manokwari, Rabu (10/2/2016) pukul 08.45 WIT. Rombongan itu disambut dengan tarian adat Papua dan tradisi adat injak piring, satu tradisi masyarakat Papua menyambut tamu.

Herindra di sambut pula oleh Gubernur Papua Barat Abraham Oktovianus Atururi, serta pejabat tinggi TNI dan Polri di sana. Herindra mengatakan, ekspedisi NKRI 2016 dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat selama empat bulan yakni, di Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Manokwari, Bintuni, Wondama, Fakfak, Kaimana, dan Raja Ampat.

Ekspedisi NKRI 2016 di Provinsi Papua Barat, kata dia, sama halnya dengan ekspedisi sebelumnya di kepulauan Nusa Tenggara yaitu, tim ekspedisi akan bekerja untuk mendata dan melakukan pemetaan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, dan berbagai persoalan di Papua Barat yang selama ini belum diketahui.

Disampaikan bahwa hasil pendataan dan pemetaan tersebut nantinya dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik kepentingan ilmu pengetahuan maupun untuk merumuskan kebijakan pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua Barat.

Kegiatan tim Ekspedisi NKRI 2016 di Provinsi Papua Barat adalah menjelajah gunung, hutan, rawa, sungai dan menjelajah garis pantai. Melakukan penelitian dan kajian di bidang kehutanan, geologi, flora dan fauna, potensi bencana, sosial dan budaya.

Selain itu, melakukan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat yang akan difokuskan pada pelestarian alam, peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan KB dan keluarga pra-sejahtera, serta bakti sosial guna mendorong percepatan pembangunan di wilayah Papua Barat.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini