Share

72 Pemuda Terbaik Mengikuti Kirab Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan NKRI

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 04 November 2017 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 04 340 1808484 72-pemuda-terbaik-mengikuti-kirab-memperkokoh-persatuan-dan-kesatuan-nkri-zkxpR2h6a0.jpg Peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017. (Foto: Ist)

MUARO BUNGO – Kirab Pemuda Nusantara yang diikuti sebanyak 72 pemuda-pemudi terbaik Indonesia saat ini telah melintasi 11 titik dan singgah di berbagai daerah pelosok Tanah Air. Titik ke-11 yang disinggahi para peserta untuk Zona I adalah Kabupaten Muara Bungo, Jambi. Perjalanan kirab yang mengunjungi berbagai daerah dengan segala keberagamannya di Indonesia tersebut memberikan pengalaman berkesan bagi para peserta.

Salah satu peserta kirab, Akbar Ramadhan, menyatakan takjub dengan kekayaan budaya dan keindahan alam di masing-masing daerah yang ia singgahi selama mengikuti kirab. "Indonesia itu tidak hanya bangsa yang besar, tapi juga sangat kaya akan budaya serta keindahaan alamnya. Jadi kirab budaya ini semakin meneguhkan rasa bangga saya sebagai pemuda Indonesia," ungkapnya di sela kegiatan kirab, di Kabupaten Muara Bungo, Jambi, Sabtu (4/11/2017).

Akbar menambahkan, sudah semestinya pemuda Indonesia menunjukkan rasa cintanya terhadap Tanah Air dengan berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang positif dan konstruktif sesuai bakat atau keahlian masing-masing. "Segala keberagaman yang dimiliki bangsa ini harus kita jaga, salah satunya adalah dengan terus mengasah potensi kita sebagai pemuda untuk ikut serta dalam memajukan dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini," terang peserta asal Kalimantan Barat tersebut.

Peserta kirab yang singgah di Kota Muara Bungo selam dua hari (3–4 November) itu selain akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, seperti festival budaya, pentas seni, membaca kitab suci, dan seminar kepemudaan, juga bakal melakukan eksplorasi kekayaan budaya serta wisata di Kota Muara Bungo.

Muara Bungo sendiri adalah salah satu kota di Provinsi Jambi yang terkenal dengan budaya lokal serta keramahan pendudukanya. Selain itu, Muara Bungo juga dikenal berkat sejumlah lokasi wisata alamnya, seperti Sumber Air Pasan, gua alam, dan bunga bangkai.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Peserta kirab diambil dua perwakilan dari setiap provinsi, kemudian dibagi menjadi dua kelompok yang akan melintasi kota-kota di Indonesia yang terdiri dari Zona I (Barat) dan Zona II (Timur).

Perjalanan kirab Zona I dimulai dari Miangas menuju Nol Kilometer (Sabang), Banda Aceh (DI Aceh), Medan, Lubuk Pakam (Sumut), Padang Panjang (Sumbar), Rengat (Riau); dan untuk Provinsi Jambi, rombongan kirab singgah di Muara Bungo.

Melalui kegiatan kirab ini diharapkan pemuda-pemudi Indonesia bisa mengenali berbagai keragaman serta kekayaan alama bangsa Indonesia. Dengan demikian diharapkan para pemuda bisa terlibat aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini