nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dilantik Sekaligus, 15 Kepala Daerah di Sumut Terlihat Kelelahan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2016 13:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 17 340 1314315 dilantik-sekaligus-15-kepala-daerah-di-sumut-terlihat-kelelahan-STPgi7vDAZ.jpg Pelantikan Kepala Daerah di Sumut (Foto: Wahyudi/Okezone)

MEDAN - ‎15 kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut), mengikuti pelantikan secara serentak yang digelar di Lapangan Merdeka, Medan, Rabu (17/2/2016).

‎Pasangan yang dilantik tersebut terdiri dari 14 pasangan kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember 2015 lalu, dan seorang kepala daerah pengganti pejabat yang berhalangan tetap akibat terjerat kasus hukum.

Proses pelantikan yang dihadiri sekira seribu orang itu, awalnya berjalan khidmat. Namun mekanisme pembaca Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri tentang pengangkatan kepala daerah dilakukan secara ‎bergantian, dan masing-masing memakan waktu sekitar 10 menit, membuat waktu pembacana SK menjadi sangat panjang.

Sejumlah kepala daerah pun mulai terlihat gelisah dan kelalahan. Termasuk Timbas Ginting, Wakil Walikota Binjai, yang mengalami cedera setelah insiden ledakan petasan pada perayaan sembahyang tebu di Kota Binjai, Senin 15 Februari 2016 kemarin.

Mereka terlihat mulai menggoyang-goyangkan kaki‎, dan meninggalkan sikap tegak sempurna yang awalnya mereka lakukan. "Iya cukup melelahkan, cukup lama soalnya berdiri. Saya yakin semua merasakan hal yang sama," ujar Walikota Medan, Dzulmi Eldin usah pelantikan.

Pelantikan juga menjadi kurang khidmat, karena lokasi pelantikan di pendopo Lapangan Merdeka, yang penuh sesak dan ditutupi pekerja media dan humas dari hampir seluruh wilayah kepala daerah yang dilantik, yang ingin mengabadikan proses pelantikan. Banyak warga yang awalnya ingin melihat pelantikan pada akhirnya justru gagal menyaksikan pelantikan dari dekat.

"Terlalu banyak orang di pendopo lapangan. Kita enggak bisa melihat apapun jadinya. Tidak ada juga layar besar untuk menonton. Lain kali perlu diubahlah. Jadi bisa lebih khidmat," ujar ‎Bobi (37), warga Kota Tanjung Balai, yang datang khusus untuk menyaksikan pelantikan Walikotanya.

‎Berikut nama-nama 15 kepala daerah yang dilantik hari ini:

- Pasangan Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin - Akhyar Nasution;

- Pasangan Wali Kota Binjai, Muhammad Idaham - Timbas Tarigan;

- Pasangan Wali Kota Tanjung Balai, M Syahrial-Ismail Marpaung

- Pasangan Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk - Edipolo Sitanggang;

- Pasangan Bupati Serdang Bedagai, Soekirman - Darma Wijaya,

- Pasangan Bupati Labuhan Batu, Pangonal Harahap - Andi Suhaimi Dalimunthe;

- Pasangan Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang - Surya;

- Pasangan Bupati Labuhan Batu Utara, Kharuddin Syah - Dwi Prantara;

- Pasangan Bupati Labuhan Batu Selatan, Wildan Aswan Tanjung - Kholil Jufri Harahap;

- Pasangan Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian - Hulman Sitorus;

- Pasangan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor - Saut Parlindungan;

- Pasangan Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu dan Aswin Efendi Siregar;

- Pasangan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon - Juang Sinaga;

- Pasangan Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu - Maju Ilyas Padang; dan

- Pasangan Bupati Tapanuli Tengah - Syukran Jamilan Tanjung (Wakil Bupati yang diangkat Jadi Bupati Defenitif, setelah Bupati sebelumnya Raja Bonaran Situmeang, terbelit kasus hukum di KPK)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini