MUI: Fatwa Haram Bukan untuk Hakimi LGBT

Oris Riswan, Okezone · Rabu 24 Februari 2016 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 24 525 1320053 mui-fatwa-haram-bukan-untuk-hakimi-lgbt-O9IGiv6tfe.jpg Ilustrasi

BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa haram tentang segala bentuk penyimpangan dan propaganda lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Sekretaris MUI Jawa Barat, Rafani Achyar mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan sosialisasi pada berbagai pihak terkait fatwa tersebut.

"Tugas utama setiap kali fatwa keluar, perangkat MUI di daerah dari tingkat provinsi sampai desa harus segera menyosialisasikan fatwa supaya masyarakat cepat memahami," kata Rafani, Rabu (24/2/2016).

Agar fatwa semakin luas tersosialisasi, MUI Jawa Barat akan bekerjasama dengan berbagai pihak mulai dari ormas Islam hingga kelompok pengajian majelis ta'lim.

Meski LGBT sudah difatwakan haram, ia menegaskan bahwa itu bukan berarti masyarakat boleh menghakimi, apalagi melakukan tindakan kekerasan terhadap mereka. Sebab, dalam setiap fatwa, termasuk fatwa soal LGBT, selalu ada klausul imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan kekerasan atau anarki.

"Fatwa itu bukan berarti memvonis atau berbuat negatif ya. Jadi dalam klausul fatwa itu sejauh apapun seseorang menyimpang, maka MUI atau umat Islam pada umumnya berkewajiban merangkul, membina, dan membukakan jalan yang benar," beber Rafani.

"Jadi, selama ini misalnya mereka tersesat jalannya, ya dibukakan jalannya lewat fatwa itu," tandsasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini