Ibu Negara Turki Puji Selir sebagai Pembelajaran untuk Perempuan

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 11 Maret 2016 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 11 18 1332842 ibu-negara-turki-puji-selir-sebagai-pembelajaran-untuk-perempuan-LafOhdPsJN.jpg Istri dari Presiden Erdogan ini melontarkan pernyataan kontroversial dengan mengatakan harem sebagai pembejalaran untuk kehidupan perempuan kedepannya (Foto: Todays Zaman)

ANKARA – Ibu negara Turki memuji selir atau harem di era Ottoman dengan mengatakan menjadi selir dapat menjadi sebuah bentuk pembelajaran untuk mempersiapkan perempuan kedepannya.

Pada pidato yang disampaikan dalam sebuah pertemuan, Emine Erdogan istri dari Presiden Recep Tayyip Erdogan memaparkan bahwa para selir di zaman dinasti Ottoman termasuk ke dalam anggota kerajaan.

Ibu negara Turki ini juga menyatakan bahwa selir pada saat dinasti Ottoman termasuk kaum yang berpendidikan.

“Jejak yang ditinggal para perempuan yang menjadi harem di era kerajaan pada abad ke enam dalam sejarah dapat menjadi ‘sebuah inspirasi’,” ujar Emine Erdogan, sebagaimana dikutip dari media di Turki.

Sebagaimana dilansir dari BBC, Jumat (11/3/2016), para selir di zaman Ottoman memang diberi pendidikan, latihan dan hidup yang cukup nyaman. Namun, mereka hidup dalam kekangan karena tidak dapat bebas meninggalkan istana.

Kata-kata dari istri Presiden Turki ini dilaporkan oleh berbagai media pada Kamis 10 Maret dan langsung menimbulkan kritisi dari para warga Turki.

“Menerima pendidikan sebagai selir bukan berarti seperti menerima pendidikan di sekolah. Ini sebuah omong kosong,” kicau @GaziCaglar melalui media sosial Twitter.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini