Puluhan Ribu Warga Jepang Tolak Kehadiran Militer AS

Emirald Julio, Okezone · Minggu 19 Juni 2016 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 19 18 1419458 puluhan-ribu-warga-jepang-tolak-kehadiran-militer-as-DsH7duLnls.jpg Warga Jepang yang membawa spanduk penolakan kehadiran militer AS di Okinawa (Foto: AFP/GettY Image)

OKINAWA – Puluhan ribu warga Jepang turun ke jalan di Prefektur Okinawa menolak kehadiran militer Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana dikutip dari NHK, Minggu (19/6/2016) demonstrasi yang diadakan pada hari ini tersebut juga dimaksudkan untuk mengenang tewasnya seorang perempuan Okinawa yang diduga dilakukan oleh seorang warga negara AS yang bekerja di pangkalan militer Negeri Paman Sam di Okinawa.

Dilaporkan, penyelenggara dari demonstrasi tersebut terdiri dari anggota kelompok yang mendukung ditiadakannya pangkalan militer AS di Okinawa, kelompok serikat buruh serta kelompok masyarakat sipil lainnya di Negeri Sakura.

Para demonstran menuntut adanya resolusi agar pasukan Marinir AS meninggalkan wilayah Okinawa. Mereka juga menuntut pemerintah Jepang dan AS untuk menghentikan rencana relokasi pangkalan udara US Marine Corps Futenma Air Station yang berada di Okinawa.

Secara lugas, para demonstran meminta pangkalan udara tersebut untuk ditutup secara permanen.

Kehadiran militer AS di wilayah Jepang memang terbilang kontroversial. Namun, kehadiran militer Negeri Paman Sam di sana merupakan hasil kesepakatan (AS-Jepang) yang didapatkan usai Negeri Sakura kalah pada Perang Dunia II.

Akan tetapi, banyak pihak yang memandang kehadiran militer AS di Jepang dapat membantu Negeri Sakura untuk menangkal ekspansi militer dari China ataupun melawan ancaman yang diberikan oleh Korea Utara.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini