Kunjungi Jepang, Trump Jadi Kepala Negara Pertama yang Disambut Kaisar Naruhito

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 Mei 2019 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 27 18 2060756 kunjungi-jepang-trump-jadi-kepala-negara-pertama-yang-disambut-kaisar-naruhito-6Kmxliv2sV.jpg Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania berdiri berdampingan dengan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang, 27 Mei 2019. (Foto: Reuters)

TOKYO – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan istrinya, Melania bertemu dengan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako pada Senin dalam rangkaian kunjungan kenegaraannya ke Negeri Matahari Terbit.

Dia disambut oleh Kaisar Naruhito dan istrinya di Istana Kekaisaran di Tokyo dalam sebuah upacara yang disiarkan langsung di televisi. Dia menjadi kepala negara pertama di dunia yang bertemu dengan sang kaisar yang mewarisi takhta dari ayahnya, Kaisar Akihito pada akhir April.

Trump membungkuk sedikit saat dia dan Ibu Negara Melania Trump berjabat tangan dengan pasangan kekaisaran sebelum memasuki istana. Hadir juga dalam acara itu Perdana Menteri Shinzo Abe dan istrinya, Akie di antara pejabat lainnya.

Sang Presiden, kaisar serta istri-istri mereka kembali ke luar, berjalan di karpet merah dan berdiri di bawah terik matahari sementara sebuah band militer memainkan lagu kebangsaan kedua negara.

“Sudah lebih dari 200 tahun sejak hal seperti ini terjadi. Jadi, merupakan kehormatan besar untuk mewakili Amerika Serikat, " kata Trump menyampaikan kegembiraan atas penyambutan yang diterimanya, sebagaimana dilansir Reuters, Senin (27/5/2019).

Trump juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe selama kunjungannya di Jepang. Kedua pemimpin kemungkinan akan membahas sejumlah isu termasuk kesepakatan dagang, perang dagang antara AS dan China, serta isu Korea Utara.

Pada Senin, Trump juga dijadwalkan akan bertemu dengan keluarga dari warga negara Jepang yang diculik oleh Korea Utara puluhan tahun lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini