nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Pesawat Militer AS Jatuh di Laut Jepang, Enam Marinir Hilang

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 06 18 1987549 dua-pesawat-militer-as-jatuh-di-laut-jepang-enam-marinir-hilang-RIW9S0WCV0.jpg Foto: Facebook/US Marine Corps.

TOKYO - Enam Marinir Amerika Serikat (AS) dilaporkan hilang menyusul terjadinya kecelakaan yang masih belum dapat dijelaskan di lepas pantai Jepang pada Kamis, 6 Desember. Kecelakaan itu melibatkan dua pesawat Korps Marinir AS yang diduga bertabrakan di udara selama latihan pengisian bahan bakar.

Kementerian pertahanan Jepang mengatakan, sejauh ini pasukan angkatan lautnya telah menyelamatkan satu dari tujuh Marinir yang berada di dalam kedua pesawat nahas tersebut. Pejabat AS dan Jepang mengatakan, upaya pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung, kata pejabat AS dan Jepang.

BACA JUGA: Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Laut Jepang

Berdasarkan keterangan dari akun Facebook Korps Marinir AS (U.S. Marine Corps) yang dilansir Reuters, Kamis (6/12/2018), insiden itu terjadi pada Kamis pukul 2 pagi waktu setempat.

Pesawat pengisian bahan bakar KC-130 Hercules dan jet tempur F / A-18 Hornet diluncurkan dari Pangkalan Udara Marinir AS di Iwakuni dan sedang melakukan latihan rutin ketika kecelakaan terjadi. Jepang segera mengerahkan pesawat pencarian untuk melakukan operasi penyelamatan yang sampai berita ini diturunkan masih berlangsung.

Penyebab kecelakaan tersebut masih dalam penyelidikan. Tidak ada informasi tambahan yang tersedia saat ini, tulis akun tersebut.

BACA JUGA: Rudal Jet F-15 Jepang Terjatuh saat Coba Cegat Pesawat Tak Dikenal

"Kami berterima kasih atas upaya Pasukan Bela Diri Maritim Jepang karena mereka segera menanggapi dalam operasi pencarian dan penyelamatan," katanya.

Seorang korban yang telah berhasil diselamatkan berada di jet F / A-18 Hornet ketika peristiwa itu terjadi. Menurut Menteri Pertahanan Jepang, Takeshi Iwaya, korban dalam kondisi stabil di Pangkalan Udara Marinir Iwakuni.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini