nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obama Rancang Monumen Nasional Pertama untuk LGBT

Silviana Dharma, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2016 23:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 25 18 1425194 obama-rancang-monumen-nasional-pertama-untuk-lgbt-nxCWZYaVV1.jpg Stonewall Inn. (CC)

WASHINGTON – Barack Obama menjadi presiden pertama Amerika Serikat yang mendirikan penghormatan bagi kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di negaranya. Adalah suatu kedai minum dekat Stonewall Inn di New York, kawasan yang dirancang Obama menjadi monumen nasional perjuangan LGBT.

Kedai minum itu diketahui merupakan tempat bersejarah yang mengawali pergerakan gay modern pada 28 Juni 1969. Ketika para pelanggan kedai Stonewall di Desa Greenwich, yang mayoritas adalah kaum homoseksual mengalami diskriminasi dan bentrok dengan polisi.

“Taman nasional bangsa ini selayaknya mencerminkan kisah lengkap dari negara ini. Meski berbeda-beda, kita tetap satu,” ujar Obama melalui video pada Jumat 24 Juni 2016, seperti dikutip dari USA Today, Sabtu (25/6/2016).

Monumen perjuangan yang mengitari Taman Christopher tersebut lantas disambut baik oleh Presiden Kampanye HAM AS, Chad Griffin. Sebagaimana memang pembangunan berdedikasi itu dipercepat dengan adanya insiden penembakan di klub gay Pulse, Orlando.

“Saya berharap monumen baru ini akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda di seluruh penjuru Amerika, untuk berdiri mendukung kesetaraan dan persatuan. Menunjukkan kepada dunia bahwa cinta menaklukkan kebencian,” ucap Griffin.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini