89 Tahun di AS, Boneka Nona Gunma Pulang Kampung ke Jepang

Emirald Julio, Okezone · Senin 15 Agustus 2016 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 15 18 1463859 89-tahun-di-as-boneka-nona-gunma-pulang-kampung-ke-jepang-9YsrmPOhs9.jpg Inilah penampakan boneka Miss Gunma (Foto: Antiquejapanesedoll.com)

GUNMA – Satu dari Boneka Persahabatan Jepang yang didonasikan kepada Amerika Serikat (AS) 89 tahun yang lalu akhirnya kembali pulang. Dilaporkan, boneka tersebut telah dipamerkan di sebuah museum yang terletak di Kota Maebashi, Prefektur Gunma.

Boneka “Nona Gunma” sebenarnya sudah dikirim ke Negeri Sakura pada awal tahun ini untuk diperbaiki. Saat ini boneka tersebut sedang berada dalam pameran dengan tema Perang Dunia II di Museum Maebashi Bungakukan.

Sebagaimana dikutip dari NHK, Senin (15/8/2016) seorang pejabat museum tersebut, Masumi Hagiwara menuturkan, ia ingin melalui boneka ini para generasi yang tidak pernah merasakan perang dapat merenung mengenai perdamaian.

Boneka Persahabatan (Friendship Doll) merupakan bagian dari program yang dibentuk pada 1926 oleh Dr. Sidney Gulick. Program ini sendiri diinisiasi di tengah ketegangan yang melanda AS dan Jepang.

Gulick kemudian membuat sebuah komite yang menjalankan program tersebut sebagai simbol persahabatan antara AS-Jepang. Kala itu, banyak warga AS yang mengikuti program ini hingga terkumpul 12.739 boneka yang dikirim ke Jepang.  

Ketika tiba di Jepang pada 1927, boneka itu langsung disambut oleh anak-anak Jepang. Bahkan hingga diadakan berbagai upacara penyambutan di berbagai kota di Negeri Sakura. Demi memperlihatkan rasa terima kasih mereka, warga Jepang juga mengirimkan 58 boneka yang dibuat khusus. Dilaporkan,  58 (salah satunya adalah “Nona Gunma”) boneka itu juga melambangkan jumlah prefektur di Jepang (pada tahun itu).

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini