Presiden China: Penyelesaian LCS Harus Melalui Dialog

Emirald Julio, Okezone · Rabu 14 September 2016 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 14 18 1488749 presiden-china-penyelesaian-lcs-harus-melalui-dialog-soOy81vHGt.jpg (Kiri) foto Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc (Kanan) Presiden China Xi Jinping (Foto: China News)

BEIJING – Presiden China Xi Jinping menuturkan bahwa negaranya menginginkan penyelesaian sengketa Laut China Selatan (LCS) harus melalui dialog. Ia mengatakan hal itu ketika Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengunjungi Beijing.

Sebagaimana diwartakan Xinhua, Selasa 13 September 2016, pada kesempatan tersebut Phuc bertemu langsung dengan Xi. Dalam pertemuan itu, keduanya dikabarkan menemukan banyak kesamaan dibandingkan perbedaan terkait isu sengketa.

Bahkan, seperti dikutip dari NHK, Rabu (14/9/2016), Xi Jinping menyatakan China dan Vietnam telah mengubah tantangan akibat isu LCS menjadi sebuah kesempatan untuk bekerja sama. Phuc pun membalas usulan dari Xi tersebut dengan positif.

Phuc menuturkan, ia ingin Vietnam meningkatkan kepercayaan politik dengan China demi mengendalikan perbedaan kedua negara. Selain Xi, Phuc juga dikabarkan bertemu dengan empat pimpinan tertinggi China dan menunjukkan kesediaan mereka untuk mengadakan dialog dengan Vietnam terkait LCS.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini