nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjalanan Nara Rakhmatia hingga Jadi Diplomat Muda Membanggakan di Sidang PBB

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 29 September 2016 12:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 29 18 1501655 perjalanan-nara-rakhmatia-hingga-jadi-diplomat-muda-membanggakan-di-sidang-pbb-EoGwN76omo.jpg Foto Nara Rakhmatia (34) (Foto: Facebook)

NAMA Nara Rakhmatia Masista (34) akhir-akhir ini menjadi perhatian media di Tanah Air. Bahkan sejumlah media sosial menyoroti sosok wanita muda cantik ini. Pasalnya diplomat cantik  ini memperlihatkan kualitas dari diplomat muda Indonesia di Sidang Umum PBB yang diadakan di New York, Amerika Serikat (AS).

Karena ketegasannya serta tutur bahasanya dalam bahasa Inggris yang baik, Nara Rakhmatia menjadi sosok yang dibanggakan dan menjadi panutan para calon diplomat Indonesia di masa depan. Siapa sebenarnya, sosok di balik wanita cantik bersinar di kancang internasional. Pada kesempatan ini, Okezone akan memberikan ulasan mengenai profil singkat dari sang diplomat cantik itu.

Nara mengenyam pendidikan awalnya di tingkat universitas ketika ia masuk ke jurusan penyiaran di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2000 untuk mendapatkan gelar diplomanya. Ia lulus pada tahun 2003. Namun di tengah-tengah proses kuliahnya, Nara juga mengenyam pendidikan di jurusan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIS) UI pada 2002 hingga 2006.

Karier Nara Rakhmatia di ranah hubungan internasional dimulai ketika ia menjadi asisten dosen di FISIP UI pada 2005-2006 dan menjadi asisten peneliti Center for East Asia Cooperation Studies di jurusan HI, FISIP UI pada 2006-2007).  Sebelum memutuskan bergabung dengan Kementerian Luar Negeri, Nara menghabiskan waktunya menjadi peneliti di program CERIC (Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolutions) dan juga Center for East Asia Cooperation Studies.

Pendidikan Nara Rakhmatia berlanjut ketika ia mengambil studi Conflict and Peace di University of St. Andrew (2009-2010) yang ia lanjutkan di Georgetown University di jurusan Communication and Media Studies pada 2012.

Setelah bergabung dengan Kementerian Luar Negeri, alumnus SMA 70 Jakarta itu ditempatkan di Direktorat Kerjasama Antar Kawasan pada Direktorat Jenderal Urusan Asia Pasifik dan Afrika. Di Kemlu, spesialisasi Nara nampaknya adalah Organisasi Kerjasama Ekonomi Asia Pasific APEC dan sempat menjabat Head of Section for The Budget and Management Committee (BMC) APEC sebelum dikirim ke New York untuk menjadi Diplomat Indonesia di PBB.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini