nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hillary Tantang FBI Sajikan Semua Fakta Terkait Skandal Surel Pribadinya

Silviana Dharma, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2016 11:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 29 18 1527617 hillary-tantang-fbi-sajikan-semua-fakta-terkait-skandal-surel-pribadinya-TQqAJpB4dz.jpg Hillary tantang FBI ungkap fakta penyelidikan surel pribadinya ke publik. (Foto: The Yeshiva World)

IOWA – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton menantang Biro Investigasi Federal (FBI) untuk menyajikan semua fakta terkait penyelidikan terbaru atas skandal surat elektronik atau e-mail pribadinya.

“Rakyat AS berhak mendapatkan fakta yang lengkap dan menyeluruh segera,” kata Hillary, seperti dikutip dari ITV, Sabtu (29/10/2016).

Dalam kampanye kepresidenannya di Des Moines, Iowa, mantan ibu negara AS itu optimis hasil penyelidikan FBI kali ini tidak akan mengubah hasil persidangan serupa yang diketokpalu pada Juli lalu. Jadi ia menilai, sangat penting bagi FBI untuk kali ini mengungkap informasi itu ke publik dalam waktu sesingkat-singkatnya.

“Kita tidak tahu faktanya, itulah alasan kita akan meminta FBI untuk menguak semua informasi yang dimilikinya (terkait surel pribadinya yang dicurigai). Bahkan Direktur FBI, James Comey menekankan kalau informasi terbaru ini bisa jadi tidak signifikan. Jadi keluarkan semua faktanya,” seru mantan senator New York tersebut, seperti disunting dari CBS News.

Rumor ini merebak luas di media massa sejak Jumat 28 Oktober siang waktu setempat. Hillary dan tim suksesnya bahkan baru mendengar ini ketika sedang dalam pesawat terbang menuju lokasi kampanye di Iowa.

Ketika pesawat yang ditumpangi Hillary mendarat, para wartawan sudah siap memberondongnya dengan pertanyaan tersebut. Namun karena saat itu dia belum mendengar konfirmasi lebih lanjut, istri Bill Clinton itu hanya tersenyum, melambaikan tangan kepada awak media dan berlalu ke dalam mobil jemputannya.

Isu ini pertama kali dihembuskan kembali ke media berkat surat yang dilayangkan Direktur FBI James Comey ke Kongres. Dalam surat tersebut, dia menginfokan akan dilakukannya penyelidikan atas surel mantan anggota mereka, Anthony Weiner.

Weiner adalah mantan anggota kongres yang mewakili New York. Dia kini menikah dengan Huma Abedin yang dikenal sebagai tangan kanan Hillary semasa menjabat Menteri Luar Negeri AS hingga sekarang.

“Sehubungan dengan kasus yang tidak terkait satu sama lain, FBI telah mempelajari kemunculan surel yang tampaknya relevan untuk diselidiki. Saya setuju bahwa FBI selayaknya mengambil langkah penyelidikan untuk memeriksa surel itu dan mencari tahu perihal isinya adalah informasi rahasia atau bukan,” ujar Comey dalam suratnya.

Surel yang dimaksud adalah pertukaran pesan antara Weiner dan seorang remaja perempuan berumur 15 tahun di North Carolina. Sementara surel-surel lain, hingga saat ini belum dipastikan berasal dari server Hillary di kediamannya di New York. Akan tetapi, Comey mengajukan dibukanya kembali penyelidikan terhadap kasus surel pribadi Hillary yang sebelumnya terbukti tidak mengancam keamanan nasional.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini