Tuduhan Resmi Pemakzulan Trump Diajukan 25 Januari 2021

Agregasi VOA, · Minggu 24 Januari 2021 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 18 2349752 tuduhan-resmi-pemakzulan-trump-diajukan-25-januari-2021-DjomoNWBSi.jpg Donald Trump (Foto : Reuters)

PEMIMPIN Mayoritas Demokrat, Chuck Schumer, Jumat 22 Januari waktu setempat, mengatakan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi akan mengirim tuduhan resmi pemakzulan terhadap Donald Trump ke Senat pada Senin 25 Januari 2021.

Senat akan memulai persidangan, di mana mantan presiden tersebut dapat didakwa karena menghasut huru-hara mematikan di gedung Capitol AS.

Demokrat menolak permintaan Pemimpin Minoritas Senat Republik, Mitch McConnell untuk menunda sidang pemakzulan Trump hingga bulan depan dengan alasan, tim hukum Trump memerlukan lebih banyak waktu untuk mengembangkan strategi pembelaan.

Trump adalah presiden AS pertama yang dua kali dimakzulkan dan yang pertama diadili setelah selesai menjabat. Schumer tidak mengatakan kapan persidangan pemakzulan kedua Trump akan dimulai, tetapi jika ia dinyatakan bersalah atas tuduhan tunggal "penghasutan atas kekacauan", maka ia bisa dilarang memegang jabatan lagi di kantor federal.

Baca Juga : Dipolisikan PTPN, Kubu Habib Rizieq: Masalah Datang Kita Pantang Mundur

Dakwaan itu memerlukan setidaknya 17 suara Senat Republik, tetapi hingga kini hanya segelintir Republik yang menunjukkan akan menghukum Trump, dan sebagian besar mempertanyakan keabsahan mengadili presiden yang telah berakhir masa jabatannya. Partai Republik juga mengeluhkan persidangan akan memecah belah dan mengganggu pemerintahan Biden yang baru.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini