nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bareskrim Kembali Limpahkan Empat Kasus Korupsi Alex Usman ke Kejagung

Dara Purnama, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 18:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 01 338 1530230 bareskrim-kembali-limpahkan-empat-kasus-korupsi-alex-usman-ke-kejagung-oCFx6rcaCe.jpg Alex Usman (dok. Okezone)

JAKARTA - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri mengirimkan berkas perkara dugaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh Alex Usman ke Kejaksaan Agung.

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kombes Indarto mengatakan berkas perkara pencucian uang tersebut terdiri dari empat perkara pengadaan proyek di DKI Jakarta pada APBD Perubahan 2014.

"Kasus Alex Usman yang cuci uang atas empat pengadaan di DKI, Kami tahap 1 kan ke Kejagung. Kami menunggu JPU mempelajarinya," kata Indarto dalam pesan tertulisnya, Selasa (1/11/2016).

Empat perkara pengadaan itu di antaranya pengadaan uninterruptible power supply (UPS), printer scanner, alat fitnes, dan digital education classroom (DEC). Keempat pengadaan itu memiliki nilai kerugian negara yang masing-masing berbeda.

"Kasus UPS kerugian negaranya Rp81 miliar, DEC Rp42 miliar, alat fitnes Rp5 miliar, dan printer scanner Rp67 miliar," ucap Indarto.

Sebelumnya, penyidik juga telah menyita sejumlah barang berharga dan aset berupa tanah milik Alex Usman yang diduga terkait kasus cuci uang atas empat proyek pengadaaan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada APBD Perubahan 2014.

"Total kerugian negara atas empat kasus pengadaan itu berkisar Rp280 miliar," ucap Indarto, Rabu 24 Oktober 2016 lalu.

Menurut Indarto, pihaknya juga akan menyasar lokasi lainnya yang diduga menjadi tempat Alex Usman membangun bisnis dari hasil cuci uang. Indarto menambahkan modus pencucian Alex Usman ini adalah dengan membangun sejumlah usaha.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini