Share

Video Detik-Detik Horor Dubes Rusia Ditembak Mati di Ankara

Sindonews, Sindonews · Selasa 20 Desember 2016 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 20 18 1571075 video-detik-detik-horor-dubes-rusia-ditembak-mati-di-ankara-B7EkqSd949.jpg Mevlut Mert Altintas, sesaat setelah menembak Dubes Rusia untuk Turki, Andrey Karlov. (Foto: AP)

ANKARA - Video rekaman aksi mantan perwira polisi Turki menembak mati Duta Besar Rusia untuk Turki Andrey Karlov di sebuah pameran seni di Ankara pada hari Senin telah beredar di internet. Video menunjukkan detik-detik mengerikan, di mana Dubes Karlov ditembak dengan pistol dari jarak dekat.

Pelaku penembakan diketahui bernama Mevlut Met Altintas, 22. Dia sudah “dilumpuhkan” pasukan khusus kepolisian Turki dalam waktu 15 menit setelah beraksi.

Dari rekaman video, setidaknya ada lima tembakan dari belakang mengenai tubuh diplomat Rusia. Altintas berhasil masuk galeri menggunakan ID (kartu pengenal) polisi. Dia mengenakan jas dan dasi layaknya polisi pengawal berseragam.

Sebelum ditembak mati, Dubes Karlov sempat berpidato di mimbar. Setelah terkena beberapa tembakan, diplomat Rusia ini terkapar di lantai.

Altintas lantas memekikkan takbir,”Allahu Akbar!". "Allah Maha Besar!" . ”Anda Rusia menghancurkan Aleppo dan Suriah!"

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut pembunuhan ini sebagai provokasi untuk merusak normalisasi hubungan Rusia dan Turki.

“(Mengutuk), sangat keras,” ucap Erdogan. ”Kedua (negara), Turki dan Rusia memiliki kemauan untuk tidak tertipu oleh provokasi ini,” lanjut Erdogan, seperti dikutip Sindonews dari Anadolu, Selasa (20/12/2016).

”Saya yakin ini adalah serangan terhadap Turki, negara Turki dan orang-orang Turki, dan juga provokasi yang jelas terhadap hubungan Turki-Rusia. Saya yakin teman-teman kita Rusia juga melihat fakta ini,” imbuh Erdogan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini