Share

AS Bantah Tudingan Terlibat Penembakan Dubes Rusia

Emirald Julio, Okezone · Kamis 22 Desember 2016 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 22 18 1572733 as-bantah-tudingan-terlibat-penembakan-dubes-rusia-qLApxxreVK.jpg Foto jenazah Dubes Rusia untuk Turki Andrey Karlov tiba di Moskow (Foto: Sputnik)

WASHINGTON DC – Amerika Serikat (AS) membantah tudingan yang menyebutkan mereka terlibat penembakan Duta Besar Rusia untuk Turki Andrey Karlov. Pihak Turki sendiri menghubungkan penembakan itu dengan jaringan kelompok Gulen, sebab pemimpinnya yakni Fethullah Gulen sedang menjalani pengasingan di Pennsylvania, AS.

β€œIni klaim yang menggelikan, benar-benar palsu, tidak ada dasar kebenaran di dalamnya (klaim AS terlibat penembakan Karlov) sama sekali,” tegas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby, sebagaimana dikutip dari Russia Today, Kamis (22/12/2016).

Klaim keterlibatan ini tampaknya memiliki hubungan dengan ditolaknya permintaan Turki untuk mengekstradisi Gulen dari AS atas tudingan terlibat dalam usaha kudeta militer pada Juli 2016. Pihak AS selalu mengatakan bakal mengekstradisi Gulen jika tudingan yang disampaikan Turki terhadapnya memiliki bukti konkret.

Turki kembali menuding Gulen dengan menyampaikan pimpinan kelompok Hizmet itu terlibat dalam penembakan Dubes Rusia. β€œBaik Turki dan Rusia mengetahui Kelompok Teror Gulen (FETO) adalah pihak yang berada di belakang pembunuhan Karlov,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlu Cavusoglu dalam hubungan telefon dengan Menlu AS John Kerry.

Kirby mengatakan, Kerry prihatin dengan beberapa retorika yang dikeluarkan Turki sehubungan dengan keterlibatan AS, diam-diam atau sebaliknya, terkait pembunuhan yang terjadi kemarin karena kehadiran Gulen di AS.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini