Obama: Saya Tidak Akan Lepas Tangan Usai Pelantikan Trump

Silviana Dharma, Okezone · Minggu 01 Januari 2017 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 01 18 1580741 obama-saya-tidak-akan-lepas-tangan-usai-pelantikan-trump-1Zkmj44rTG.jpg Trump saat mengunjungi Obama di Gedung Putih pasca-pilpres AS. (Foto: AP)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menegaskan, dirinya tidak akan pergi ke mana-mana setelah jabatannya dipindahtangankan ke Donald Trump pada 20 Januari 2017. Dia ingin memastikan semua kebijakan yang telah diperjuangkannya selama delapan tahun terakhir tidak diacak-acak.

“Saya berjanji kepada Anda bahwa pada pemerintahan mendatang, Michelle dan saya akan tetap di sisi Anda. Awan-awan akan mulai berpencar dan matahari akan kembali bersinar. Demikian lah kami akan tetap sibuk dan terlibat dalam hal-hal luar biasa yang telah kami lakukan sepanjang tahun-tahun yang telah kita lalui,” terangnya, seperti disitat dari Washington Examiner, Minggu (1/1/2017).

Sebelumnya, ketika hampir semua jajak pendapat nasional dan negara bagian menunjukkan kalau Hillary Clinton yang lebih berpotensi menang, Obama berencana untuk pensiun dengan tenang. Akan tetapi, dia kini sudah mengubah pendiriannya itu setelah suksesor pilihannya dipecundangi oleh anak kemarin sore, Donald John Trump.

Beberapa kebijakan yang menurut banyak pecinta lingkungan dan pendukung Obama sangat bagus justru akan diganti oleh Trump. Hal ini menimbulkan kekhawatiran besar bagi Partai Demokrat, juga sang petahana. Kebijakan yang dimaksud, seperti Obamacare dan negosiasi damai dengan Iran dan Kuba.

“Kita telah membuat kemajuan yang luar biasa selama delapan tahun terakhir ini. Satu hal itu tidak dapat dipungkiri. Semua adalah hasil dari pilihan-pilihan sulit yang kita buat dan buah dari seluruh kerja keras dan ketahanan kita,” serunya.

Ke depannya, pria kelahiran Hawaii tersebut berharap masyarakat AS bisa bekerja sama untuk bisa membuat kemajuan lain. Tak lupa dia mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan kepercayaan yang telah diamanahkan publik kepadanya dalam dua periode terakhir.

Selain bermaksud untuk mengawal kebijakan yang baru di bawah pemerintahan Trump, Obama mengaku tidak bisa jauh-jauh dulu dari Gedung Putih demi keluarga. Putri bungsunya, Sasha saat ini masih harus menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA di Washington DC.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini