Image

Korut akan Bangun Patung Pertama Kim Jong-un

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at, 13 Januari 2017 - 21:31 WIB
Patung raksasa Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Pyongyang (Foto: Rodong Sinmun) Patung raksasa Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Pyongyang (Foto: Rodong Sinmun)

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) dilaporkan akan membangun patung Kim Jong-un untuk pertama kalinya. Selain Kim Jong-un, monumen tersebut juga akan terdiri dari patung Kim Jong-il dan Kim Ill-sung.

Proyek pembangunan patung tiga generasi pemimpin Korut tersebut diumumkan oleh media KCNA pada pekan ini. Sebagaimana dikutip dari Telegraph, Jumat (13/1/2017) patung-patung yang akan dibangun di Gunung Paektu itu disebut memiliki konsep keluarga Kim yang “menikmati kekaguman tak terbatas dari masyarakat progresif di dunia.”

Gunung Paektu merupakan gunung berapi aktif yang berlokasi di perbatasan Korut-China. Warga Korut menganggap gunung tersebut sebagai tempat keramat yang menyebutnya sebagai “gunung suci revolusi”.

Walaupun Korut sudah memiliki patung Kim Jong-il dan Kim Ill-sung, ini merupakan pertama kalinya patung Kim Jong-un dibangun. Pengamat korut di Kookmin University mengklaim, pembangunan ini menjadi awal dari kemunculan pengagum Kim Jong-un.

“Ini mungkin menunjukkan bahwa kultus terhadap kepribadian Kim Jong-un mulai terbentuk meskipun ia tampaknya kurang memperhatikan hal tersebut layaknya sang ayah dan kakek,” tutur pengamat Korut, Andrei Lankov, kepada media NK News. Munculnya kultus dan pengagum dianggap penting sebab dengan itu dinasti Kim tetap dapat mempertahankan pengaruhnya di kalangan warga Korut.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming