Share

Tinggalkan Ruang Oval, Obama Simpan Surat untuk Presiden Trump

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 21 Januari 2017 01:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 21 18 1597229 tinggalkan-ruang-oval-obama-simpan-surat-untuk-presiden-trump-dQxMdI5qyg.jpg Mantan Presiden AS Barack Obama meninggalkan surat untuk Presiden Donald Trump di Ruang Oval, Gedung Putih. (Foto: Independent)

WASHINGTON - Sesuai tradisi, presiden Amerika Serikat (AS) yang lengser dari jabatannya akan meninggalkan pesan terakhir untuk pengganti mereka. Demikian juga yang dilakukan Barack Obama.

Ia terlihat meninggalkan sebuah catatan untuk Donald Trump di Ruang Oval saat keluar dari kantornya selama delapan tahun terakhir. Demikian disitat dari Independent, Sabtu (21/1/2017).

Ketika Obama memasuki Ruang Oval saat memulai hari pertamanya sebagai presiden AS, George W. Bush meninggalkan sepucuk surat untuknya. Dalam surat itu, Bush memberi ucapan selamat dan kata-kata penyemangat untuk Obama.

"Sangat sedikit orang memiliki kehormatan untuk mengetahui tanggung jawab yang kini Anda emban. Sangat sedikit juga yang mengetahui kegembiraan momen ini dan berbagai tantangan yang akan Anda hadapi," tulis Bush.

"Akan ada masa penuh cobaan. Kritikan pun akan merajalela. 'Teman-teman' akan mengecewakan Anda. Tetapi Anda akan memiliki Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menenangkan, keluarga yang mencintai Anda dan negara yang mengandalkan Anda, termasuk saya," tambahnya.

"Apa pun yang akan terjadi, Anda akan mendapat inspirasi dan kasih sayang dari orang-orang yang Anda pimpin," tulis Bush.

Obama sendiri mengaku, ia merasakan penuh kenangan saat meninggalkan Ruang Oval. Ketika ditanya kata-kata terakhirnya untuk rakyat Amerika, ia berujar, "Terima kasih," seperti dilansir AFP.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini