Share

Tunjangan-Tunjangan yang Akan Diterima Barack Obama

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 20 Januari 2017 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 20 18 1596864 tunjangan-tunjangan-yang-akan-diterima-barack-obama-bFbaiNu3G7.jpg Presiden AS Barack Obama akan menerima sejumlah tunjangan (Foto: Jonathan Ernst/Reuters)

MASA jabatan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, tengah memasuki jam-jam terakhir. Pria berusia 55 tahun itu akan kembali ke kehidupan normal, menjadi warga sipil biasa. Pria kelahiran Hawaii itu tidak lagi bisa menikmati gaji dan fasilitas yang diperoleh sebagai Presiden AS.

Namun, Obama akan tetap mendapatkan berbagai tunjangan setelah masa kepemimpinannya berakhir. Berdasarkan the United States Code yang berisi kompilasi hukum dan peraturan federal Amerika, presiden berhak mendapat penghargaan hasil kerja sebesar USD400 ribu (setara Rp5,3 miliar) per tahun yang akan dibayar setiap bulan. Selain itu, presiden juga mendapat keringanan berupa bebas pajak pengeluaran hingga USD50 ribu (setara Rp671 juta).

Jasa-jasa dan pengabdian bekas orang nomor satu tersebut tentu tidak akan dilupakan begitu saja oleh negara. Sesuai Undang-Undang (UU) Federal yang diterbitkan pada 1958, negara memberikan sejumlah tunjangan bagi para mantan presiden.

Sebelum 1958, pemerintah federal AS tidak memberikan tunjangan atau uang pensiun kepada mantan presiden. Herbert Hoover dan Harry Truman menjadi dua mantan presiden pertama yang mendapatkan tunjangan pensiun tersebut. Tunjangan berupa perlindungan Pasukan Pengamananan Presiden (Paspampres) sempat dikurangi. Pada 1997, tunjangan dikurangi hanya untuk 10 tahun setelah sang presiden turun dari jabatannya.

Perubahan tersebut akhirnya diamandemen lewat Undang-Undang Mantan Presiden yang terbit pada 2012. Seluruh mantan presiden dan pasangannya yang masih hidup berhak mendapat perlindungan seumur hidup dari Paspampres.

Berikut tunjangan-tunjangan yang didapatkan seorang mantan Presiden AS, seperti dimuat archives.gov, Jumat (20/1/2017):

Uang Pensiun

Kementerian Keuangan membayar uang pensiun bagi mantan presiden dan pasangannya dengan jumlah setara pejabat eselon I sebuah kementerian. Sejak 2015, uang pensiun seorang mantan presiden berjumlah USD203.700 (setara Rp2,73 miliar) setiap tahun dipotong pajak. Uang pensiun berlaku segera setelah sang presiden meninggalkan Gedung Putih. Sementara pasangan mantan presiden diberikan tunjangan pensiun sebesar USD20 ribu (setara Rp268 juta) jika mereka melepaskan pensiun wajib lainnya.

Tunjangan Transisi

Tim Transisi Washington membayar biaya peralihan kekuasaan selama tujuh bulan. Tunjangan tersebut meliputi biaya penyediaan kantor baru, kompensasi staf kepresidenan, layanan komunikasi, dan biaya percetakan serta surat-menyurat terkait transisi kepemimpinan.

Staf dan Kantor

Biaya untuk staf pribadi dan hal-hal terkait diatur oleh badan bernama General Services Administration. Mereka yang dipekerjakan di bawah aturan tersebut dipilih dan bertanggung jawab penuh kepada seorang mantan presiden.

Gaji para staf tersebut tidak lebih dari USD150 ribu (setara Rp2,01 miliar) untuk 30 bulan pertama. Bayaran tersebut akan turun menjadi USD96 ribu (setara Rp1,2 miliar) setelahnya.

Asuransi Kesehatan

Setiap mantan presiden berhak mendapat perawatan kesehatan di berbagai rumah sakit militer. Mereka akan membayar layanan kesehatan tersebut seusai tingkatan yang ditetapkan oleh Kantor Manajemen Anggaran. Sementara untuk presiden yang memegang dua periode kepemimpinan, seperti halnya Obama, dapat membeli asuransi kesehatan di bawah program layanan kesehatan pegawai federal.

Perlindungan Paspampres

Seorang mantan presiden berhak mendapat perlindungan dari Paspamres untuk seumur hidup sejak 1965-1996, termasuk pasangan dan anaknya yang berusia di bawah 16 tahun. Perubahan statuta pada 1994 hanya mengizinkan perlindungan selama 10 tahun bagi presiden yang dilantik setelah 1 Januari 1997.

Dengan perubahan tersebut, Bill Clinton masih berhak atas perlindungan seumur hidup. Sementara George Bush hanya dilindungi selama 10 tahun terhitung sejak pensiun pada 2009. Presiden Barack Obama mengesahkan amandemen undang-undang tersebut pada 10 Januari 2013 yang mengembalikan perlindungan seumur hidup. Dengan demikian, George Bush kembali mendapat perlindungan seumur hidup.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini