Share

SISI LAIN: Kisah Tukang Cukur Mantan Presiden AS Barack Obama

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 21 Januari 2017 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 21 18 1597247 sisi-lain-kisah-tukang-cukur-mantan-presiden-as-barack-obama-SXG6AoD2vo.jpg Mantan Presiden AS Barack Obama. (Foto: Getty Images/Independent)

DELAPAN tahun sudah Barack Obama mengabdi sebagai presiden Amerika Serikat. Selama sewindu, tidak banyak perubahan pada penampilannya. Ia kerap mengenakan kemeja dengan lengan digulung saat suasana semi kasual. Saat harus tampil resmi, setelan jas lengkap dengan dasi membalut tubuhnya.

Satu hal yang juga selalu tampak sama adalah gaya rambutnya. Meski mulai dihiasi uban, potongan rambut Obama tidak berganti sejak kemunculan publik perdananya sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam. Bahkan, kerapian rambut Obama dipuji banyak orang mengingat ia memegang jabatan dengan tingkat stres tinggi.

Nyatanya, ada orang yang bertanggung jawab atas penampilan tanpa cela Obama. Ia adalah tukang cukur yang selalu memangkas rambut Obama selama sekira 20 tahun.

Zariff, nama tukang cukur tersebut, merupakan pria kelahiran Chicago. Ia bekerja di Salon Hyde Park sejak lulus sekolah. Salon yang disambangi Obama tersebut juga telah menjadi langganan banyak orang terkenal, termasuk Muhammad Ali dan Spike Lee.

"Sekali Anda menemukan tukang cukur yang baik, Anda akan kembali kepadanya. Itu sebabnya saya menjadi tukang cukur Obama," ujar Zariff kepada Complex, seperti dilansir Independent, Sabtu (21/1/2017).

Mengingat Zariff telah menjadi tukang cukur Obama selama delapan tahun terakhir, tentu ia mengetahui rahasia pelanggannya itu dalam menjaga rambutnya. Zariff mengungkapkan, rambut Obama tidak sepenuhnya sempurna. Ia mengakui, ada satu dua kekurangan di rambut mantan orang nomor satu di AS itu. Tetapi, ujar Zariff, semua tergantung teknik dan bagaimana tukang cukur menampilkannya lapisan rambut pelanggannya.

"Saya tidak mempercayai pisau cukur. Mereka sangat kasar dan membuat garis rambut amat tegas dan mengambil banyak bagian atas rambut. Jaga garis rambut alamiah dengan pencukur elektrik," tuturnya.

Zariff telah memangkas rambut Obama selama setidaknya 20 tahun. (Foto: Getty Images/AFP)

Saat memangkas rambutnya di Salon Hyde Park, Obama pun mendapat sambutan meriah. Namun Zariff menegaskan, ia memperlakukan Obama seperti pelanggan lainnya.

"Ia akan ikut berdebat saat datang ke salon dan membahas masalah Anda. Ia amat pintar, tetapi tidak menjatuhkan Anda. Ia akan diam dan mendengarkan orang lain berbicara," ungkap Zariff.

Ia pun mengenang beberapa momen favorit saat Obama datang ke salonnya. Hal yang paling diingat, kata Zariff, adalah ketika Obama membawa dua putrinya yang masih amat belia. Begitu kecilnya, hingga saat duduk di kursi, kaki mereka tidak akan menjejak lantai.

"Saya rasa ketika itu Malia yang bertanya, 'Ayah, mengapa Ayah selalu memangkas rambut? Rambut Ayah selalu terlihat sama.' Dan Obama menjawab, 'Itulah tujuannya,'" pungkas Zariff.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini