Mike Pompeo Dikonfirmasi Jadi Direktur CIA Kabinet Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 24 Januari 2017 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 24 18 1599327 mike-pompeo-dikonfirmasi-jadi-direktur-cia-kabinet-trump-wPvXnjRq4D.jpg Direktur CIA Kabinet Trump, Mike Pompeo. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan Mike Pompeo sebagai direktur Badan Intelijen AS (CIA) dalam kabinet Presiden Donald Trump. Anggota parlemen dari Partai Republik yang mewakili Kansas itu mendapat dukungan dari 66 senator untuk menggantikan direktur sebelumnya, John Brennan.

Meski telah dikonfirmasi sebagai direktur baru CIA, beberapa senator merasa Pompeo tidak cukup tegas dalam berkomitmen untuk hanya menggunakan teknik-teknik interogasi yang dimasukkan dalam buku Pedoman Tentara di Lapangan seperti yang diatur dalam hukum. Teknik interogasi yang dimaksud, tidak mencakup waterboarding dan teknik interogasi yang ditingkatkan (EIT) lainnya yang dilarang oleh Obama pada 2009.

Menjawab pertanyaan senat terkait hal itu, Pompeo mengatakan, bisa saja mengubah kebijakannya dalam keadaan tertentu.

“Saya akan berkonsultasi dengan para ahli mengenai apakah aplikasi Pedoman Tentara di Lapangan yang seragam menghambat pengumpulan intelijen yang penting untuk melindungi negara atau tidak, “ ujar pria berusia 53 tahun itu sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (24/1/2017).

Diangkatnya Pompeo sebagai Direktur CIA juga mendapat dukungan dari sebagian besar politisi Partai Republik. Pilihan Donald Trump untuk mengajukan mantan Komite Intelijen Parlemen itu dianggap sebagai pilihan yang sangat tepat.

Meski mendukung pelarangan teknik waterboarding dan IET, Politikus senior Partai Republik, John McCain juga menyatakan dukungannya kepada Pompeo. Tetapi, McCain mengatakan akan mengawasi cara kerja Pompeo secara ketat.

“Saya sangat mendukung pengonfirmasiannya. Selanjutnya saya akan terus memonitor secara dengan ketat isu ini dan menggunakan pengawasan saya untuk memastikan hukum dipatuhi,” ujar McCain.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini